Sukses

Lifestyle

Teman Bikin Keuangan Jadi Boros? Mungkin Ini Saat yang Tepat Menciptakan Batasan yang Jelas

Fimela.com, Jakarta Sudah punya financial goals yang ingin dicapai di tahun 2022 ini? Menabung dan mengatur keuangan sedemikian rupa jelas jadi hal yang sudah pasti wajib dilakukan untuk mencapainya. Tapi, kok masih ada bocor alus ya? Ternyata ajakan teman buat belanja, hangout, atau staycation bersama jadi hal yang sulit ditolak. Tapi malah bikin kamu jadi boros.

Ini dia yang jadi masalah. Sulitnya berkata tidak jadi hal yang bikin pengaturan finansial jadi berantakan. Mungkin ini saat yang tepat menciptakan financial boundaries atau batasan finansial yang jelas, biar targetmu bisa tercapai!

Batasan #1: Berani Bilang 'Tidak' Saat Ada yang Akan Meminjam Uang

Pinjam meminjam uang memang jadi persoalan yang pelik dalam kehidupan pertemanan. Di satu sisi, mana ada sih yang tega membiarkan temannya kesusahan? Tapi di sisi lain, jika kamu memang sedang nggak ada budget untuk meminjamkan uang kepada teman tersebut, nggak perlu dipaksa kok.

Terlebih, banyak cerita tentang uang pinjaman yang nggak balik juga hingga bertahun-tahun lamanya. Daripada mempertaruhkan persahabatan gara-gara masalah uang, lebih baik berikan saja batasan finansial yang jelas dan berani katakan tidak kepada temanmu.

Batasan #2: Perjelas yang Kamu Inginkan

Sendirian di rumah atau tempat kos memang seringnya membosankan. Nggak heran saat ada chat dari teman yang mengajak buat hangout bareng bisa jadi terasa menyenangkan. Seperti menyelamatkanmu yang hampir mati gaya.

Tapi, perjelas dulu yang kamu inginkan. Ada banyak alternatif hangout, dari yang hanya jalan-jalan di taman kota, nongkrong di kafe, hingga fancy dinner juga bisa. Pastikan kamu dan dia punya tujuan yang sama, baik itu dari kegiatan, tempat, hingga budget. Jangan sampai terjebak di tempat yang di luar anggaran hangout kamu. Jangan segan buat bilang 'tidak' saat dia mengajak ke tempat yang overbudget. Tolak dengan penuh percaya diri, nggak perlu gengsi karena nggak akan menyelamatkan keuanganmu sama sekali.

Batasan #3: Berikan Alternatif

Ajakan buat staycation di villa selama weekend nanti mungkin terasa menyenangkan. Tapi, jangan lupa buat hitung budget yang tersedia dulu ya. Kalau memang ajakan teman yang satu ini malah mengganggu keuangan bulananmu, saatnya berikan alternatif lain.

Daripada staycation di villa, kamu bisa menawarkan opsi yang lebih hemat kepadanya. Misalnya dengan menginap di tempatmu lalu melakukan pajamas party yang nggak kalah seru. Cara ini bisa membuatmu tetap terlihat menunjukkan perhatian kepada ajakannya dan nggak bikin teman malah menjauh karena kamu berkali-kali menolak ajakannya.

Batasan #4: Tunda Dulu hingga Saatnya Memungkinkan

Hanya karena kamu sedang memprioritaskan keuanganmu, bukan berarti kamu nggak bisa menikmati hal-hal seru bersama teman. Saat ada ajakan untuk belanja, hangout, atau kegiatan lainnya namun keuangan sedang tidak memungkinkan, kamu bisa menawarkan alternatif untuk menundanya dulu.

Jadwalkan kembali bulan depan saat kamu bisa mengatur budget untuk pengeluaran tersebut. Katakan dengan jujur alasan ingin menundanya. Jika memang mereka teman baikmu, pasti akan mengerti dan nggak keberatan dengan hal tersebut kok.

Batasan #5: Temukan Teman yang Sefrekuensi denganmu

Salah satu hal yang bikin keuangan boros bisa jadi karena salah pilih teman. Jika kamu merasa circle pertemananmu terlalu sering berfoya-foya atau menghamburkan uang tanpa pikir panjang, mungkin saatnya kamu mencari pertemanan lain yang memang sefrekuensi denganmu.

Menciptakan financial boundaries atau batasan finansial dengan teman nggak ada salahnya dilakukan untuk menyelamatkan keuangan pribadimu, lho. So, coba pikirkan kembali, inikah saat yang tepat menciptakan batasan tersebut, Sahabat Fimela?

What's On Fimela
Loading