Sukses

Lifestyle

Belajar Tampil Lebih Percaya Diri, Begini 5 Tips Mengatasi Kecemasan

Fimela.com, Jakarta Social anxiety disorder atau kecemasan sosial adalah gangguan kesehatan mental yang ditandai dengan rasa takut akan dihakimi, atau dipermalukan orang lain. Menghadapi kecemasan sosial memang sulit. Mereka yang mengalami kecemasan sosial akan sulit untuk bergaul dengan banyak orang.

Meski sedikit sulit untuk mengatasinya, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah gangguan kecemasan sosial pada seseorang. Dengan melakukan kebiasaan ini, sedikit demi sedikit akan membantu mereka untuk bangkit. Penasaran? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Berbicara Hal Positif Pada Diri Sendiri

Berlatihlah berbicara kepada diri sendiri dengan cara yang paling manis. Jangan biarkan pikiran negatif masuk dalam pikiranmu. Berlatihlah mengatakan hal-hal positif dan afirmasi yang membantumu merasa lebih baik dan terangkat. Motivasi diri dengan mengatakan hal-hal yang ingin kamu lakukan atau menjadi lebih baik.

2. Pikrikan Tentang Pencapaianmu

Jangan merendahkan diri dengan berpikir bahwa kamu tidak penting. Sebaliknya, pikirkan tentang pencapaian masa lalumu dan apa yang telah menarikmu sejauh ini. Momen motivasi kecil ini akan membantumu menyadari bahwa kamu mampu melakukan hal-hal yang lebih besar.

3. Terimalah Pujian

Ketika orang mengatakan betapa bagusnya penampilanmu atau seberapa baik dirimu melawan keputusan, terimalah pujian mereka. Pujian dimaksudkan untuk membuatmu merasa baik tentang diri sendiri. Dengarkan orang lain dan juga berterima kasih atas pujian dan umpan balik mereka.

4. Latihan Membentuk Postur Tubuh

Latih postur yang baik karena itu membantu meningkatkan kepribadianmu. Saat kamu duduk atau berdiri tegak, itu memancarkan kepercayaan diri. Ketika kamu membiarkan bahumu lebih tertutup, itu akan mengeluarkan energi yang menunjukkan bahwa kamu sangat pemalu atau lemah lembut.

Menetapkan Tujuan

Belajarlah untuk menetapkan tujuan kecil di awal sehingga dapat dicapai. Jangan menekan diri sendiri dengan menetapkan tujuan besar karena itu bisa membuatmu kewalahan pada awalnya. Kamu bahkan mungkin mendapatkan pikiran negatif, jadi, kamu perlu mengambil langkah kecil terlebih dahulu.

Nah, beberapa kebiasaan sederhana ini lambat laun akan membantumu tampil menjadi lebih percaya diri dan terlepas dari gangguan kecemasan sosial.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading