Sukses

Lifestyle

Mengenal Kebiasaan Berendam Air Panas ala Orang Jepang yang Wajib Diketahui

Fimela.com, Jakarta Negara Jepang dikenal sebagai salah satu negara yang masih memegang teguh budaya ditengah pesatnya modernisasi, salah satu budaya tersebut adalah berendam air panas. Jika kita mengunjungi negeri sakura tersebut, maka akan sangat mudah menemukan tempat-tempat pemandian air panas umum. Hal tersebut menunjukkan bahwa orang Jepang memiliki kegemaran berendam air panas.

Kebiasaan berendam tersebut biasanya dilakukan pada malam hari untuk melepas penat. Berikut adalah fakta di balik kebiasaan berendam air panas ala orang Jepang.

Fakta Seputar Berendam Air Panas Ala Orang Jepang

1. Seperti yang diketahui, orang Jepang dikenal sangat pekerja keras dan menghargai waktu. Oleh karena itu, kebiasaan berendam air panas hanya dilakukan pada malam hari karena mereka tidak memiliki banyak waktu di pagi hari. Selain itu, bagi orang Jepang, berendam air panas dapat dikatakan sebagai penutup hari setelah beraktivitas. Jadi mereka tidak akan menghabiskan waktu untuk berendam air panas di pagi hari.

2. Kegiatan berendam air panas yang umumnya dilakukan pada malam hari akhirnya membuat sebagian besar orang Jepang tidak mandi pada keesokan harinya. Mereka biasanya hanya menyikat gigi dan membersihkan muka sebelum beraktivitas di pagi hari. Hal tersebut juga dilakukan untuk menghemat waktu.

3. Sebelum berendam, pada umumnya orang Jepang akan membersihkan badan terlebih dahulu dengan sabun. Setelah sabun tersebut dibilas, barulah mereka berendam air panas.

4. Saat berendam, biasanya orang Jepang akan meletakkan handuk diatas kepalanya. Hal tersebut dilakukan agar suhu tubuh tetap seimbang. Selain itu, handuk hangat juga akan menjaga tekanan darah. Mereka juga biasanya menambahkan sabun atau bahan herbal pada rendaman air panas untuk membantu tubuh lebih rileks.

Manfaat Berendam Air Panas

Di balik fakta mengenai kebiasaan berendam air panas ala orang Jepang, ternyata kegiatan ini memiliki manfaat untuk tubuh, loh! Membersihkan diri dengan air panas pada malam hari dapat mengatasi gangguan sulit tidur, karena air panas mampu melemaskan otot yang tegang, kaku, dan nyeri, peredaran darah juga akan semakin lancar. Sehingga, tidur akan lebih berkualitas.

Selain itu, mandi dengan menggunakan air panas juga mampu mengurangi stres dan rasa cemas. Hal tersebut disebabkan air panas mampu merangsang otak untuk memproduksi hormon oksitosin. Hormon ini bertanggung jawab atas rasa senang. Tapi satu hal yang perlu diingat saat akan mandi menggunakan air panas, pastikan suhu air tidak lebih dari 40 derajat celcius. Suhu air yang terlalu panas dapat membuat kulit kering, bahkan meningkatkan risiko luka bakar.

Jadi, apakah kamu makin suka berendam air panas? Semoga informasi ini bermanfaat ya.

Ditulis oleh: Savitri Anggita Kusuma Wardani

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading