Sukses

Lifestyle

Viral soal JHT yang Baru Bisa Cair di Usia 56 Tahun, Ini Cara Menghitung Tabungan Uang dari Pendapatan Bulanan di Setiap Rentang Usia

Fimela.com, Jakarta Peraturan terbaru yang dikeluarkan Menaker terkait JHT memang sedang viral dibicarakan. Pasalnya banyak masyarakat yang menganggap bahwa peraturan ini dibuat dengan tidak adil dan tidak memikirkan pihak-pihak terkait.

Namun, bicara tentang JHT, sebenarnya berapa jumlah tabungan uang yang harus kita miliki di setiap rentang usia? Menurut penelitian, satu dari tiga orang yang pensiun, tidak siap dengan tabungan uang mereka, bahkan satu dari lima orang tidak memiliki tabungan uang sama sekali.

Sebenarnya, ada beberapa aturan praktis untuk menghitung tabungan uang yang harus kamu miliki sebelum pensiun. Kebanyakan orang harus menabung setidaknya 15% dari pendapatan mereka setiap tahun, untuk mencapai tolok ukur tabungan di setiap rentang usia, seperti dilansir dari forbes.com.

Namun, pola yang lebih umum adalah mulai menabung 6% di usia 20an dan 15% di usia 30an, hingga selama sisa hidup mereka. Yang harus diingat adalah tolok ukur ini mungkin tidak berfungsi untuk semua orang.

1. Di usia 30an

Di usia ini, kamu akan menginginkan tambahan setengah kali gaji bulananmu saat ini. Sedangkan di usia 35 tahun, kamu akan menginginkan tambahkan satu kali gaji bulananmu saat ini.

Jika kamu tertinggal di usia 35 tahun, kamu punya waktu untuk pulih, tapi ingat untuk tetap serius menabung. Aturan di rentang usia ini adalah mengurangi fakta bahwa mungkin ada hal-hal yang lebih baik yang bisa kamu lakukan dengan waktumu.

Di usia 30an, hal nomor satu yang harus menjadi fokusmu adalah membayar hutang. Lalu, buat rencana keuangan untuk 10 tahun kedepan dan cari tahu cara mencapainya, entah itu merencanakan uang muka membeli rumah atau berinvestasi dalam karier. Mulai usia 35 tahun, kamu harus bisa menabung uang 16% dari pendapatan setiap tahun untuk bisa pensiun di usia 65 tahun.

 

 

2. Di usia 40an

Di usia ini, kamu akan menginginkan dua kali gaji bulananmu saat ini untuk ditabung. Sedangkan di usia 45 tahun, kamu akan menginginkan tiga kali gaji bulananmu saat ini.

Usia 40an harus menjdi waktu untuk fokus pada kekuatan penghasilan dan mencoba menghasilkan uang sebanyak yang kamu bisa. Jika kamu memiliki anak, rentang usia ini juga merupakan tahap di mana kamu harus mempertimbangkan rencana biaya pendidikan perguruan tinggi mereka.

Aturan praktis untuk rentang usia ini adalah pedoman pengeluaran 70-20-10. Biaya hidup harus sekitar 70% dari pendapatan bulanan, pembayaran hutang (jika ada) harus sekitar 20% dari pendapatan bulanan, dan tabungan (untuk tujuan jangka panjang dan pendek) harus 10% dari pendapatan bulanan.

3. Di usia 50an

 

Di usia ini, kamu akan menginginkan enam kali gaji bulananmu saat ini. Di usia 50 tahun, lima kali gaji bulananmu saat ini, sedangkan di usia 55 tahun, kamu akan menginginkan tujuh kali gaji bulananmu saat ini.

Di usia ini, idealnya kamu bisa menghemat 12% sampai 15% dan seharusnya kamu sudah siap. Di rentang usia ini, aturan menabungnya akan bergantung pada pendapatan rumah tangga, bisa antara 3,9 kali sampai 5,4 kali pendapatan. Jadi, apakah kamu sudah mulai mempersiapkan tabungan uang, Sahabat FIMELA?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading