Sukses

Lifestyle

5 Penyebab Internet Lelet dan Lemot yang Bikin Emosi

Fimela.com, Jakarta Saat mengalami internet lemot atau internet lelet, pengguna media sosial akan mengalami emosi dan menjadi tidak sabar. Karena di era digital ini, internet memiliki peran yang sangat penting dalam membantu sistem pendidikan maupun pekerjaan. Apalagi internet bisa digunakan untuk mengakses berbagai macam hal pada gadget.

Salah satu penyebab internet lelet dan lemot adalah karena kuota hampir habis, atau masa berlaku paket internet ada dimasa tenggang. Hal ini sering kali tidak disadari, karena jarang melakukan pengecekan pada kuota. Hal ini menyebabkan pengguna internet emosi, apalagi jika sedang membutuhkan internet dalam waktu darurat.

Ada beberapa penyebab internet lelet dan lemot yang lainnya. Saat mengalami kondisi ini, sebaiknya tidak perlu emosi terlebih dahulu. Internet yang lelet dapat diatasi dengan beberapa cara yang mudah. Berikut penyebab internet lelet dan cara mengatasinya:

Penyebab Internet Lelet dan Lemot

1. Pengaruh Cuaca Buruk

Penyebab internet lelet dan lemot yang pertama adalah karena pengaruh cuaca buruk. Jaringan internet akan mengalami gangguan saat cuaca sedang hujan dan angin. Karena titik-titik hujan dan angin dapat menghambat sinyal di udara. Selain itu, cuaca buruk juga dapat mempengaruhi aliran listrik dan menyebabkan listrik padam. Sehingga internet akan sangat susah untuk digunakan.

2. Kuota Hampir Habis

Sering kali kita tidak sadar jika kuota hampir habis. Hal ini bisa menyebabkan internet jadi sangat lelet dan lemot. Apalagi jika nomor handphone yang digunakan untuk internet mengalami masa tenggang. Untuk itu, seringlah melakukan pengecekan kuota pada aplikasi provider internet.

3. Jaringan Internet Tidak Terjangkau di Suatu Wilayah

Internet yang lelet juga bisa disebabkan karena jaringan internet yan tidak terjangkau di suatu wilayah. Walaupun di Indonesia sudah terdapat banyak wilayah yang terjangkau internet, tetapi di daerah pegunungan, pantai, banyak pepohon atau pedalaman masih susah mendapatkan jaringan sinyal. Apalagi saat ini mulai muncul jaringan internet 5G yang sangat cepat dan belum terjangkau dibanyak wilayah.

Penyebab Internet Lelet dan Lemot

4. Jaringan Internet Sibuk

Ada beberapa waktu yang disebut sebagai prime time untuk melakukan internet. Pada saat prime time, jaringan internet akan sangat sibuk. Hal ini disebabkan karena ada banyak pengguna internet pada saat prime time. Ada yang menggunakan untuk online media sosial, berbelanja di internet, atau untuk bekerja.

5. Sedang Perbaikan Jaringan

Penyebab internet lelet dan lemot yang terakhir adalah karena sedang ada perbaikan jaringan. Biasanya maintance atau perbaikan internet ini dilakukan untuk menambah jaringan, seperti dari jaringan 4G menuju ke 5G. Saat ada perbaikan jaringan, internet akan sangat lemot dalam waktu yang sangat lama.

Cara Mengatasi Internet Lelet dan Lemot

Tak perlu emosi saat mengalami internet lelet dan lemot. Karena hal ini sangat sering terjadi, apalagi pada saat jaringan sedang sibuk. Untuk mengatasi internet yang lelet, sebaiknya hindari menggunakan internet pada saat prime time. Kalau sangat penting menggunakan internet, cobalah melakukan koneksi ke WiFi yang jangkauannya lebih luas dan cepat.

Sebaiknya lebih sering melakukan pengecekan pada aplikasi provider, untuk mengecek kuota internet. Karena sering kali kita lupa untuk mengisi kuota. Bahkan lupa untuk mengecek masa aktif nomor telepon yang digunakan untuk internet.

Jika internet tidak dapat digunakan, mungkin ada masalah pada SIM card atau koneksi pada handphone. Sebaiknya telepon layanan bantuan pada provider, untuk mengatasi masalah tersebut. Kalau SIM card mengalami kerusakan, kamu bisa membeli SIM card baru atau meminta customer service untuk memperbaruinya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading