Sukses

Lifestyle

4 Bahan Alami untuk Redakan Batuk dan Sakit Tenggorokan Akibat Omicron Menurut Dokter

Fimela.com, Jakarta Kasus Covid-19 di Indonesia terus melonjak. Peningkatan ini didorong oleh munculnya varian baru, Omicron. Tidak hanya dialami orang dewasa saja, Omicron juga menginfeksi anak-anak.

Varian Omicron ditandai dengan gejala yang cenderung ringan daripada varian lainnya. Gejala yang umum terlihat pada pasien Omicron adalah pilek, batuk, dan sakit tenggorokan.

“Sekitar 70 kali lebih banyak terjadi replikasi di saluran napas bagian atas. Makanya gejala yang khas itu sakit tenggorokan, batuk, dan hidung tersumbat. Jarang sekali yang sesak napas,” ujar Dokter Spesialis Penyakit Paru dari RSUP Persahabatan Dr. dr. Erlina Burhan, M.Sc, Sp.P(K), dalam jumpa pers virtual, Rabu (9/2/2022).

Meski gejalanya termasuk ringan, Sahabat Fimela tetap tidak boleh lengah ketika merasakan gejala-gejala tersebut. Selain mendapatkan obat-obatan untuk meredakan gejala Omicron, Sahabat Fimela juga bisa mencoba bahan alami untuk meredakan batuk dan sakit tenggorokan sebagai gejala Omicron. Apa saja? simak berikut ini selengkapnya.

1. Jahe

Salah satu bahan herbal atau alami untuk mengatasi batuk akibat Omicron adalah jahe. Sebab, jahe kaya akan antioksidan, antiinflamasi, dan antinosiseptif.

Ketiga kandungan ini bermanfaat untuk meredakan sakit tenggorokan, meredakan nyeri, hingga mengurangi peradangan di tenggorokan dan saluran napas bawah yang disebabkan oleh batuk. Selain itu, jahe juga bisa bekerja sebagai ekspektoran yang membantu mengeluarkan dahak.

“Jahe sudah lama terbukti memiliki antioksidan, anti inflamasi atau anti peradangan, dan ada antinosiseptif yang membantu meredakan nyeri tenggorokan,” kata Dr dr Inggrid Tania, Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembanga Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), dalam diskusi daring, Jumat (25/2/2022).

2. Kencur

Sama seperti jahe, kencur juga mengandung antioksidan, anti inflamasi, dan anti nosiseptif yang bisa menenangkan tenggorokan. Kencur juga memiliki sifat antitusif untuk menekan batuk kering akibat Covid-19 Omicron.

“Kencur bisa membantu meredakan batuk, disamping memiliki sifat antitusif yang bisa menekan batuk dan menekan batuk kering,” kata dr. Inggrid.

3. Buah Jeruk Nipis

Tak dapat dipungkiri, buah jeruk nipis kaya akan vitamin C. Namun selain itu, buah ini juga memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang bisa mengurangi peradangan di tenggorokan serta saluran napas bawah yang disebabkan oleh batuk.

4. Daun Mint

Daun mint memiliki banyak manfaat untuk meredakan gejala Omicron. Pasalnya, tanaman herbal ini kaya akan antioksidan, anti inflamasi dan antinosiseptif yang bisa menenangkan tenggorokan, meredakan nyeri dan mengurangi peradangan di tenggorokan serta saluran napas bawah yang disebabkan oleh batuk.

Daun mint juga memiliki sifat antihistamin yang dapat meredakan alergi, termasuk batuk karena alergi. Selain itu daun mint juga memiliki sifat antitusif yang bisa meredakan dan menekan batuk kering. Dan ekspektoran yang membantu mengeluarkan dahak dari paru-paru.

Selain bahan-bahan alami di atas, Sahabat Fimela juga bisa mengonsumsi obat herbal yang mengandung ragam bahan alami untuk mengatasi batuk dan sakit tenggorokan. Salah satu rekomendasi obat herbal adalah OB Herbal.

OB Herbal sendiri adalah Obat Batuk Herbal dengan sediaan sirup untuk membantu meredakan batuk dan melegakan tenggorokan, karena terbuat dari jahe, jeruk nipis, kencur dan daun mint. Selain itu, OB Herbal telah menyediakan Obat Batuk anak-anak yaitu OB Herbal Junior dengan rasa madu yang disukai anak-anak dan juga yang aman dikonsumsi oleh anak-anak.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading