Sukses

Lifestyle

Dijuluki Ratu Riset Nuklir, Perempuan Ini Buktikan Bisa Mengubah Dunia

Fimela.com, Jakarta Setiap orang yang kesempatan untuk menjadi pribadi yang membanggakan dan layak diberi penghargaan serta penghormatan lebih. Setiap orang baik itu pria atau perempuan juga punya kesempatan sama untuk menjadi pribadi yang handal di bidangnya. Seorang perempuan bernama Chien-Shiung Wu adalah salah satu perempuan hebat di bidangnya yakni bidang science tepatnya fisika nuklir. 

Saking hebatnya, ia bahkan mendapat julukan sebagai Ratu Riset Nuklir. Perempuan kelahiran 1912 ini juga dikenal sebagai Ibu Fisika karena kepandaiannya dalam ilmu fisika. Wu merupakan seseorang yang lahir di China. Ia kemudian pindah ke Amerika Serikat pada tahun 1936 untuk kuliah pascasarjana dan menggeluti keahliannya di bidang fisika nuklir. Ia kemudian menjadi seorang ahli fisika nuklir yang paling berpengaruh di abad 20.

Kantor Pos Amerika Membuat Perangko Wu untuk Menghormatinya

Pada tahun 2021, kantor pos Amerika Serikat membuat serial perangko dengan foto Wu. Perangko ini dibuat khusus untuk menghormati kerja keras Wu di bidang fisika nuklir. Ini juga sebagai bentuk penghormatan pemerintah kepada Wu yang telah berkontribusi banyak di bidang nuklir untuk negara Amerika. 

Dari Wu kita bisa belajar bahwa perempuan juga bisa menjadi pribadi handal layaknya pria. Pada perayaan International Day of Women and Girls in Science, karir Wu menjadi bukti bahwa perempuan juga bisa bekerja di bidang yang biasa dikerjakan oleh pria. Ini juga membuktikan bahwa perempuan bisa berkontribusi banyak dalam bidang sains.

Penelitian Wu yang Tepat dan Akurat

Selama berkarir, penelitian Wu selalu tepat dan akurat. Ia bahkan membantu banyak rekan-rekannya untuk meraih hadiah Nobel dalam bidang fisika di tahun 1957. Ia juga berperan besar dalam proyek Mahattan dan mendukung upaya perang sekutu selama Perang Dunia II. Wu menjadi salah satu ahli fisika yang menemukan ilmu dasar fisika. Ia juga meraih banyak penghargaan termasuk National Medal of Science di tahun 1975. 

Dari Wu kita bisa belajar bahwa perempuan juga bisa menjadi hebat dengan kesungguhannya. Dari Wu kita juga bisa belajar bahwa perempuan bisa mengubah dunia dengan prestasinya.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading