Sukses

Lifestyle

Cara Mudah dan Asik untuk Memulai jadi Generasi Pilah Plastik

Fimela.com, Jakarta Kesadaran masyarakat untuk memilah sampah sudah semakin tinggi, namun salah satu kendala yang banyak dirasakan adalah mengirimnya ke tempat pembuangan akhir. Mengantarkan langsung ke bank sampah merupakan cara tepat untuk mencegah tercampurnya kembali sampah. 

Enggak mau, dong, usaha kita memilah sampah jadi sia-sia saat tercampur lagi. Tapi, kalau bawa sendiri, pasti butuh waktu, biaya, usaha lebih, mengurangi keluar rumah karena pandemi, sampai tidak tahu di mana lokasi bank sampah itu sendiri. 

Memahami kendala dan kesulitan yang dialami banyak orang tersebut, Rinso menggandeng Anteraja memfasilitasi masyarakat untuk mengirimkan sampah yang sudah dipilah ke bank sampah tanpa dipungut biaya. Caranya pun mudah, yaitu dengan mengisi formulir di situs rinsogenerasipilahplastik.com dan melengkapi semua data yang diminta.

Setelah itu, SATRIA atau kurir dari Anteraja akan melakukan penjemputan tanpa syarat untuk paket recycle atau plastic waste. Jangan takut dan jangan ragu, sebab paket kita akan dijemput dan diantar ke bank sampah tanpa minimum jumlah paket.

"Kolaborasi bareng Anteraja bisa dinikmati mulai hari ini. Jadi sudah enggak perlu repot jadi generasi pilah plastik untuk mengantarkan ke bank sampah terdekat karena akan dijemput dan diantar sama SATRIA," ujar Head of Fabric Care Unilever Indonesia Erfan Hidayat dalam Webinar Unilever Indonesia Rinso Ajak Masyarakat Menjadi #GenerasiPilahPlastik Bersama Anteraja, Selasa (15/3/2022). 

Tasya Kamila Menyambut dengan Senang Gembira

Duta Lingkungan Hidup Tasya Kamila menyambut antusias inisiasi dari Rinso yang dikenal dengan tujuan membantu orangtua agar anak-anak dapat bermain di luar ruangan tanpa takut kotor. Termasuk mengajak anak berpartisipasi dalam pemilahan sampah.

Gaya hidup berkelanjutan dengan memilah sampah dari rumah tersebut sudah diajarkan Tasya pada anaknya yang masih batita. Meski dalam prosesnya membutuhkan usaha lebih, namun kini ia merasakan hasilnya saat semua anggota keluarga terbiasa memilah sampah dan mengumpulkan yang bisa didaur ulang. 

"Tapi enggak semua lokasi tempat tinggal punya bank sampah, seperti aku yang tinggal di apartemen. Yang ada sampahnya digabungin lagi, makanya, senang ada fasilitas dan kemudahan yang bisa mendukung lifestyle ku ini," ujar Tasya.

Di balik konsistensi menjalani gaya hidup pilah sampah dan ramah lingkunagn, Tasya menyimpan harapan besar bagi generasi selanjutnya untuk dapat menikmati bumi yang asri dan lestari. Sebab, dimulai dari sampah diri sendiri, jika dikerjakan secara kolektif maka bumi terhindari dari ancaman besar karena kebiasaan mengelola sampah yang tidak bertanggung jawab. 

"Siapapun bisa menjadi bagian dari solusi, yuk jadi #GenerasiPilahPlastik dengan ikutan program ini, sebagai awal dari komitmen menjadi konsumen yang lebih bijak," tambah Tasya bersemangat.   

Mencakup 10 Provinsi

Program jemput sampah gratis yang mencakup 10 provinsi (Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, DKI Jakarta, Banten, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Bali, Sulawesi Selatan, Sumatera Utara) ini akan berlangsung selama Maret hingga akhir Mei 2022.

Selain konsisten mengedukasi dan mengajak masyarakat mengelola sampah plastik, Rinso juga telah melakukan berbagai terobosan untuk lebih bijak plastik. Di antaranya adalah: Less plastic: Mengurangi penggunaan plastik hingga 17% selama 2018-2021; Better plastic: Menggunakan kemasan botol 100% plastik hasil daur ulang dan dapat didaur ulang serta meluncurkan kemasan pouch hasil daur ulang pertama di Indonesia; hingga No plastic: Menginisiasi penjualan Rinso dengan sistem refill di Saruga Bintaro sejak 2020 dan QYOS di Apartemen Kalibata City dan Pasar Modern BSD. Selain itu, Rinso juga telah menggunakan bahan pembersih yang berasal dari alam.

Dengan Rinso yang efektif hilangkan noda bandel dan juga bakteri, #GenerasiPilahPlastik tak perlu takut kotor dalam memulai kebiasaan baik memilah sampah di rumah. Apalagi kini dengan bantuan Anteraja, mereka dapat secara mudah menyalurkannya ke tempat pengelolaan yang tepat.

“Sebagai jasa pengiriman online dengan nilai SATRIA (Sigap, Aman, Terpercaya, Ramah, Integritas dan Amanah), Anteraja selalu berupaya memberikan kebahagiaan bagi semua orang. Kami percaya bahwa bumi yang lestari akan membawa banyak kebahagiaan, dan berupaya mewujudkan hal tersebut melalui banyak cara. Di tengah pandemi yang penuh keterbatasan, bersama Rinso kami ingin mempermudah masyarakat untuk turut berperan menjadi bagian dari #GenerasiPilahPlastik. Sayangi lingkungan, tanpa repot keluar rumah," tutup Leonardus Ramba, Head of Marketing Anteraja menyampaikan. 

#WomenForWomen 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading