Sukses

Lifestyle

5 Penyebab Keyboard Laptop Tidak Berfungsi Sebagian dan Cara Mengatasinya dengan Mudah

Fimela.com, Jakarta Laptop merupakan salah satu mesin portable yang nyaman tetapi terkadang dapat terjadi kesalahan ketika kita menggunakan nya terus menerus. Jika kamu sering bekerja sambil kepergian tentu laptop menjadi salah satu alat yang paling mudah untuk dibawa ke manapun. Fungsi laptop sendiri selain dapat digunakan untuk mengetik dokumen, ia juga dapat mendukung hobi maupun pekerjaan seperti editing foto, video, merancang design, hingga mencari hiburan.

Memiliki design yang simple, ringan, dan memiliki banyak fungsi tentu ada beberapa hal yang dapat menjadi kekurangan laptop. Seperti masalah yang sering kita hadapi yaitu salah satu keyboard laptop yang tidak berfungsi, ketika kita sedang mengerjakan pekerjaan dan membutuhkan laptop tentu ketika mengalami masalah ini akan. Meskipun laptop menyediakan applikasi “on screen keyboard” yang dapat membantu kita saat mengalami mengalami masalah ini, tetapi beberapa orang tak nyaman menggunakannya.

Ketika tombol pada keyboard tidak berfungsi, biasanya karena ada nya masalah kegagalan mekanis. Hal ini terkadang membuat kita membutuhkan keyboard yang baru, akan tetapi terkadang tombolnya tidak berfungsi dapat di perbaiki. Berikut beberapa masalah umum dan penyebab dari keyboard tidak berfungsi sebagian yang sering terjadi:

1. Driver Keyboard yang Salah

Adanya masalah pada driver keyboard merupakan salah satu penyebab yang paling mengapa keyboard berfungsi sebagian atau bahkan tidak berfungsi. Masalah ini terkadang akan terjadi ketika kita menyesal perangkat lunak pihak ketiga yang dapat mempengaruhi kinerja deiver keyboard. Hanya itu ketika kita mematikan laptop dengan tidak benar dan tidak melalui perintah shutdown juga dapat menjadi memperburuk masalah ini.

2. Pengaturan yang Tidak Kompatibel

Ketika keyboard laptop tidak berfungsi sebagian tentu akan membuat kita frustrasi dan stres, apalagi jika kita membutuhkan untuk mengerjakan pekerjaan. Salah satu penyebab dari keyboard tidak berfungsi sebagian adalah pengaturan yang tidak kompatibel, hal ini terkadang dipengaruhi oleh penggunaan atau sistem yang kurang berjalan dengan baik.

3. Keyboard Kotor

Pernah berfikir untuk membersihkan keyboard? Ternyata keyboard yang tidak dapat berfungsi sebagian itu dapat terjadi ketika keyboard laptop kamu kotor. Ketika kotoran, minyak dan kotoran lainnya yang menumpuk laptop kemungkinan akan membuat tidak berfungsi atau berhenti berfungsi. Masalah ini sering terjadi pada sebagian orang dan sering diabaikan, kita tentu sering sekali tidak merawat.

Seperti hal lainnya keyboard laptop juga membutuhkan perawatan yang tepat untuk memaksimalkan kondisi dan fungsinya. Tak hanya itu jika kamu membersihkan keyboard laptop mungkin salah satu hal yang cukup sulit karena kamu harus mencari celah kecil diantara beberapa tombol untuk membersihkannya.

4. Koneksi Buruk

Apakah keyboard laptop kamu terputus dan kemudian menyambung kembali tanpa adanya peringatan? Ternyata perangkat keras akan mengalami koneksi yang buruk ke motherboard yang kamu. Kamu mungkin akan sebentar atau berhenti berfungsi sama sekali dalam beberapa hal, masalah ini juga saya akan terjadi ketika kabel pita longgar.

5. Keyboard Rusak

Ketika kita mengalami keyboard yang rusak atau tidak berfungsi sebagian tentu akan membuat kita kesulitan untuk mengatasinya dan terkadang hal ini membutuhkan teknisi. Saat kamu mengalami keyboard yang rusak atau tidak berfungsi sebagian ada baiknya untuk mengembalikan ke tempat kau membeli, jika masih memiliki kartu keren sih kamu dapat memper baiki laptop dalam waktu yang singkat.

Cara Mengatasi Laptop Keyboard Tidak Berfungsi Sebagian

Restart Laptop

Setiap kamu mengalami masalah pada laptop hal yang pertama harus coba kamu lakukan adalah restart laptop. Terkadang restart laptop dab empat menyelesaikan masalah pada keyboard, kabar terbaiknya hal ini dapat memperbaiki masalah tersebut:

Cara Restart Laptop

  • Klik pada tombol Windows.
  • Pilih tombol daya.
  • Pilih Restart atau mulai ulang.

Bersihkan Keyboard

Salah satu penyebab keyboard laptop tidak berfungsi sebagian adalah kotoran pada keyboard, jika masalah ini terjadi kepada kamu kemungkinan kotoran tersebut tersumbat di area-area tombol. Cobalah untuk membersihkan keyboard sesering yang kamu bisa dan itu terkadang cukup membuat keyboard kembali berfungsi. Akan tetapi sebelum kamu memulai pastikan untuk mematikan laptop dan mencabutnya untuk alasan keamanan.

Menggunakan Keyboard Eksternal

Ketika kita mengalami masalah keyboard yang tidak berfungsi sebagian pada laptop, tidak ada salahnya jika kita mencoba untuk menggunakan keyboard eksternal ke laptop. Jika keyboard eksternal tidak berfungsi ada kemungkinan masalah ini dapat terjadi di perangkat lunak. Kamu perlu khawatir jika keyboard eksternal berfungsi, karena hal ini terkadang juga berkaitan dengan perangkat keras yang lebih serius dan sering terjadi dengan keyboard laptop kamu.

Perbatuhi Driver Keyboard

Terkadang perangkat lunak akan menjadi rusak, hal yang sama berlaku untuk Trevor komponen yang dapat memperbaharui dengan mudah.

Cara Memperbarui Driver Keyboard

  • Klik tombol “search” di driver keyboard.
  • Klik tombol “search” di bagian windows.
  • Cari “device manager” dan pilih.
  • Perluas opsi di papan ketik.
  • Temukan keyboard dan klik kanan diatasanya.
  • Tekan perbarui driver.
  • Pilih cari secara otomatis untuk driver.
  • Ikuti petunjuk untuk memperbarui driver.

Ada banyak hal yang dapat kamu lakukan untuk dapat mencegah keyboard berfungsi kembali dengan baik, kuncinya adalah dengan mengidentifikasi masalah dan memperbaiki nya secara kritis terkait dengan masalah tersebut. Tak hanya itu kami juga belum merawat dan membersihkan keyboard laptop tapi karena hal ini dapat menyebabkan adanya masalah pada keyboard.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading