Sukses

Lifestyle

Amalan Sunah yang Sebaiknya Diperbanyak Saat Nisfu Syaban

Fimela.com, Jakarta Syaban menjadi bulan istimewa dalam kalender Hijriah. Syaban adalah bulan yang sering disebut sebagai pintu menuju Ramadan. Seperti bulan istimewa lain dalam kalender Hijriah, di bulan syaban umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak amalan ibadah. 

Ada beberapa amalan yang sebaiknya diperbanyak saat Syaban terutama saat Nisfu Syaban. Berikut amalan yang sebaiknya diperbanyak tersebut. 

Berdzikir

Amalan pertama yang sebaiknya diperbanyak adalah berdzikir. Berdzikir sebaiknya diperbanyak saat malam Nisfu Syaban, di hari Nisfu Syaban dan sisa hari di bulan Syaban. Memperbanyak dzikir akan memberikan pahala yang sangat besar. Ini juga akan membuat hati lebih tenang dan tentram.

Istighfar

Amalan selanjutnya adalah istighfar. Berdoa memohon ampunan ke Allah SWT sangat penting dilakukan baik di Nisfu Syaban atau hari-hari lain. Hadis riwayat Abu Bakar menyebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW mengatakan:

"(Rahmat) Allah SWT turun ke bumi pada malam Nisfu Syaban. Dia akan mengampuni segala sesuatu, kecuali dosa musyrik dan orang yang di dalam hatinya tersimpan kebencian (kemunafikan)," HR. Al-Baihaqi.

Membaca Al-Quran

Usahakan untuk memperbanyak membaca Al-Quran di bulan Syaban dan bulan Ramadan. Membaca Al-Quran juga sangat dianjurkan untuk lebih diperbanyak saat Nisfu Syaban.

Dalam riwayat Ibnu Rajab, Anas RA bercerita tentang kesibukan para Sahabat Rasulullah ketika masuk bulan Syaban. Salah satunya adalah membaca Alquran.

Anas bin Malik RA berkata, "Kaum Muslim ketika telah memasuki bulan Syaban, mereka mengambil mushaf-mushafnya kemudian membacanya. Mereka juga mengeluarkan zakat hartanya agar dapat membantu menguatkan orang fakir dan miskin untuk turut serta menunaikan puasa di bulan Ramadan."

Salat Tahajud

Perbanyak juga ibadah salat Tahajud di saat Nisfu Syaban. Allah akan memberikan pahala berlipat ganda bagi orang-orang yang taat beribadah dan menunaikan salat tahajud atau salat malam. Selain di saat Nisfu Syaban, salat malam sebaiknya juga diperbanyak di hari-hari biasa.

Itulah beberapa alaman yang sebaiknya diperbanyak saat Nisfu Syaban. Selain amalan tersebut, amalan lain yang sebaiknya juga diperbanyak adalah menunaikan puasa sunah, bersedekah, saling tolong menolong dan menyayangi orang lain tanpa memandang status sosial dan lainnya. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading