Sukses

Lifestyle

5 Cara Berdamai dengan Diri saat Hidup Tak Berjalan Sesuai Impian

Fimela.com, Jakarta Masih dengan impian yang pernah kamu punya? Apakah saat ini impian itu bisa kamu dapatkan? Atau justru saat ini hidupmu berjalan tak sesuai dengan impian dan keinginan?

Wajar jika kita merasa sedih atau kecewa ketika hidup berjalan tak sesuai dengan impian. Ketika dulu kita punya banyak harapan, lalu saat ini kita dihadapkan pada kenyataan yang jauh dari keinginan, kadang kita jadi menyalahkan diri sendiri. Kita merasa sulit untuk memaafkan diri sendiri atas berbagai pilihan yang salah atau ketidakmampuan kita menggapai yang kita mau. Namun, bukan berarti hidupmu saat ini akan berakhir sia-sia.

 

1. Pahami bahwa Harapan Tak Sesuai dengan Kebahagiaan

Mengutip buku The Comfort Book, "Harapan itu tidak serupa dengan kebahagiaan. Kita tidak harus bahagia untuk menjadi penuh harapan. Ketidaktahuan kita tentang masa depan, dan bahwa ada berbagai versi masa depan yang bisa lebih baik daripada yang ada sekarang. Harapan, dalam bentuknya yang paling sederhana adalah penerimaan kemungkinan." Kalau saat ini kamu merasa tidak bahagia, bukan berarti kamu kehilangan harapan. Harapan akan selalu ada selama kita mau mencoba untuk menciptakan atau menemukannya.

2. Sadari bahwa Perubahan Bisa Terjadi di Luar Ekspektasi

Impian yang dulu pernah kita yakini akan terwujud bisa saja perlu kita lepaskan dan relakan. Perubahan hidup dan berbagai macam ujian atau cobaan hidup bisa membuat kita kadang harus memilih jalan yang berbeda. Maka dari itu, kita perlu menyadari bahwa perubahan akan selalu menjadi bagian dari kehidupan. Kalau hidup saat ini tak berjalan sesuai impian, bukan berarti itu akhir dari semuanya.

 

3. Maafkan Diri Sendiri dan Semua Hal yang Menyertainya

Boleh bersedih, marah, dan kecewa. Validasi berbagai emosi dan perasaan yang hadir. Agar dengan begitu, kita bisa memaafkan diri sendiri. Sebab memaafkan diri sendiri bakal menjadi pembuka jalan yang baru. Maafkan siapa saja dan maafkan situasi yang ada. Apa pun itu, relakan dan coba ikhlaskan hal-hal yang di luar kendali diri. Agar dengan begitu, kita bisa merangkai jalan yang baru.

 

4. Rangkai Prioritas atau Impian Baru

Tidak pernah ada kata terlambat untuk membuat prioritas atau impian baru. Kalau hidup saat ini tak berjalan sesuai dengan impian (yang lama), maka jalani hidup saat ini dengan membawa impian baru. Buat rencana baru untuk hal-hal yang ingin dijalani saat ini dan masa depan.

 

5. Berterima Kasih pada Diri Sendiri yang Sudah Berjuang

Berterima kasihlah pada diri sendiri yang sudah berjuang hingga titik ini. Meski impian belum terwujud, bukan berarti hidup kita akan suram selamanya. Saat merasa lelah, istirahat dan menepilah sejenak. Saat rasanya ingin menyerah, cobalah untuk berhenti sebentar. Ujian dan cobaan hidup memang bisa bikin kita babak belur, tapi selama kita masih berusaha untuk bertahan dan berjuang maka kita sudah lebih hebat dari yang kita sangka.

Semoga ke depannya, hidupmu akan senantiasa diwarnai oleh lebih banyak momen bahagia, ya. Yakin saja bahwa semua yang terjadi saat ini memang skenario terbaik untuk kita.

 

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading