Sukses

Lifestyle

5 Tips Hemat Air dan Energi untuk Sambut Hari Air dan Earth Hour 2022

Fimela.com, Jakarta Masyarakat kini lebih sadar akan pelestarian lingkungan, misalnya saja sudah banyak yang membawa tas belanja sendiri, membawa peralatan makan yang tidak sekali buang, hingga memilah sampah. 

Hal tersebut pun dibuktikan, pada jumlah pencarian produk eco-friendly atau ramah lingkungan di Tokopedia meningkat 2,5 kali lipat selama pandemi di 2021 jika dibandingkan dengan sebelum pandemi. Hal ini diungkapkan Senior Lead Public Affairs Tokopedia, Aditia Grasio Nelwan. Sebentar lagi pun akan diadakan Earth Hour.

Menyambut Hari Air Sedunia di 22 Maret dan Earth Hour di 26 Maret 2022 mendatang, berikut lima cara sederhana berikut untuk mengusung kehidupan yang berkelanjutan agar hidup lebih nyaman.

1. Pilih Tanaman Hemat Air

Urban farming atau berkebun di ruang terbatas menjadi hobi yang digemari masyarakat selama pandemi. “Benih atau bibit tanaman, pupuk serta pot menjadi beberapa produk dan perlengkapan tanaman terlaris di kategori Rumah Tangga di Tokopedia pada 2021,” ujarnya.

Pilihlah jenis tanaman yang lebih hemat air dan cocok digunakan sebagai pemanis dekorasi ruangan, seperti tanaman sukulen termasuk giok atau kaktus anggur.

2. Gunakan Air Bekas untuk Siram Tanaman

Mencuci beras, buah atau sayuran di bawah air mengalir tanpa disadari bisa menghabiskan lebih banyak air dari yang diperkirakan. Biasakan untuk menampung air yang telah digunakan dan siramkan pada tanaman.

3. Tampung Air Hujan

Menampung air hujan dalam bak atau ember bisa menjadi alternatif untuk penyiraman tanaman atau pencucian kendaraan.

Jangan lupa menutup ketika hujan reda agar menghindar nyamuk bertelur.

4. Matikan atau Cabut Perangkat Elektronik yang Tidak Digunakan

Menurut organisasi lingkungan WWF, mematikan lampu dan peralatan elektronik selama satu jam ternyata dapat mengurangi ratusan ton emisi karbon dioksida di atmosfer. Cabutlah perangkat elektronik dan matikan lampu pada siang atau malam hari saat tidak dibutuhkan.

“Berbagai pegiat usaha lokal di Tokopedia juga menjual stop kontak otomatis dengan timer yang dapat mengatur aliran listrik sesuai waktu yang ditentukan,” saran Aditia.

5. Terapkan Prinsip 3R

Prinsip reuse, reduce dan recycle (3R) sangat penting diimplementasikan di kehidupan sehari-hari demi mengurangi sampah.

“Contohnya, bisa menggunakan tas lipat pakai ulang saat berbelanja. Kami mencatat penjualan produk ini meningkat hampir lima kali lipat di Tokopedia selama pandemi di 2021,” jelas Aditia.

#women for women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading