Sukses

Lifestyle

Manfaat Puasa, Melatih Diri untuk Lebih Sabar dan Rendah Hati

Fimela.com, Jakarta Tak terasa umat muslim saat ini telah sampai di penghujung bulan Syaban. Itu artinya, sebentar lagi umat muslim telah sampai pada bulan yang penuh kemuliaan dan bulan seribu bulan yakni bulan Ramadan. Saat bulan Ramadan, umat muslim diwajibkan untuk berpuasa Ramadan. Umat muslim juga disunahkan untuk memperbanyak ibadah agar mendapat pahal yang berlipat ganda dan barokah melimpah. 

Puasa merupakan aktivitas menahan lapar dan minum serta segala hal yang bisa membatalkan puasa mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Selain aktivitas menahan lapar, puasa juga merupakan aktivitas yang bermanfaat melatih kesabaran juga kerendahan hati seseorang.

Berpuasa Melatih Kesabaran

Dengan berpuasa, umat muslim diajarkan untuk menjadi pribadi yang lebih sabar dan mampu menahan amarah serta nafsu. Puasa adalah aktivitas yang mengajarkan umat muslim untuk lebih mengontrol diri. Karena sejatinya, Allah mencintai orang-orang yang sabar dan menahan amarahnya. 

Dalam surat Ali Imram ayat 134 disebutkan, “(yaitu) orang yang berinfak, baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang lain. Dan Allah mencintai orang yang berbuat kebaikan.” (QS Ali Imram, 134)

Berpuasa Mengajarkan untuk Lebih Rendah Hati

Umat manusia diciptakan menjadi hamba Allah yang diperintahkan untuk berserah diri pada takdir dan ketetapanNya. Melalui puasa Ramadan, ini membantu manusia untuk mengingat bahwa sejatinya dirinya hanyalah seorang hamba. Puasa mengingatkan umat manusia bahwa ia bukanlah apa-apa di dunia ini. Lewat berpuasa, manusia akan semakin rendah hati dan menysukuri betapa besar nikmat serta karunia Tuhan untuknya. 

Ketika berpuasa terutama puasa Ramadan, umat muslim diperintahkan untuk beribadah lebih banyak lagi. Manusia juga diperintahkan untuk bersedekah dan berbagi ke sesama. Bagi Sahabat Fimela yang menyambut datangnya bulan Ramadan, selamat menyambut dengan hati gembira dan penuh kerendahan hati. Mari sama-sama beribadah lebih giat dan lebih ikhlas hanya karenaNya.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading