Sukses

Lifestyle

Satu Suara: Zumba® dan Jakarta Feminist Ungkap Pentingnya Memahami Isu Kekerasan dan Pelecehan Seksual

Fimela.com, Jakarta Pelecehan dan kekerasan seksual bukanlah isu baru di dalam lingkungan sosial masyarakat Indonesia. Fenomena yang terus bergulir tersebut tercermin dari besaran angka kasus pelecehan dan kekerasan di Indonesia yang menunjukkan jumlah yang bertambah secara signifikan setiap tahunnya. Merayakan Hari Perempuan Internasional tanggal 8 Maret 2022 lalu, Jakarta Feminist, bersama dengan Zumba® menyelenggarakan kegiatan virtual yang bertajuk Stand Strong Against Sexual Harassment pada Jumat, 25 Maret, 2022.

Acara ini bertujuan untuk mendorong kesadaran tentang pelecehan seksual terhadap perempuan, dan ciptakan ruang yang aman dan memberdayakan. Kerap kali perempuan merasa tidak aman terutama di keramaian karena adanya ancaman kekerasan dan pelecehan seksual, seperti di ruang publik termasuk transportasi umum, tempat keramaian, lingkungan rumah, tempat kerja, hingga tempat berolahraga atau pusat kebugaran. Kejadian ini bahkan terjadi di tempat-tempat yang selama ini dianggap aman, seperti lingkungan pendidikan.

Sulitnya menyuarakan dan membuktikan kejahatan ini menjadi sebuah tekanan bagi yang mengalaminya. Ditambah dengan kurangnya jaminan perlindungan hukum dan masih ada bagian masyarakat yang menganggap bahwa pelecehan seksual merupakan hal yang biasa.

Maraknya Pelecehaan Seksual Berbasis Gender Menjadi Latar Belakang Kegiatan Ini

Bagi perempuan mendapatkan kenyamanan dan keamanan di ruang publik masih sulit. Bahkan kerap perempuan mengalami kekerasan seksual di ruang publik. Seperti yang disampaikan Anindya Restuviani, Direktur Program Jakarta Feminist. “Pelecehan seksual dan kekerasan berbasis gender masih terlalu sering terjadi di ruang publik, termasuk di tempat kebugaran dan olahraga. Sudah tahun 2022 tetapi pelecehan masih dianggap sebagai hal yang wajar. Kami mengajak semua orang – baik individu maupun kelompok dan perusahaan – untuk turut andil dalam mencegah pelecehan dan kekerasan. Kita semua memiliki peran di sini,” ujarnya.

  Sepanjang 2021, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) mencatat sebanyak 8.800 kasus kekerasan dan pelecehan seksual terjadi dari Januari hingga November 2021. Sementara itu, Komisi Nasional Perempuan juga mencatat ada 4.500 aduan terkait kekerasan seksual yang masuk pada periode Januari hingga Oktober 2021.

Zumba® Berupaya untuk Menciptakan Ruang Aman untuk Perempuan

Penyanyi dan brand ambassador Zumba® di Indonesia, Denada Tambunan menuturkan, “Merupakan sebuah kehormatan bagi kami dapat berkolaborasi dengan Jakarta Feminist sebagai wadah yang mempersatukan dan menciptakan ruang aman bagi para perempuan maupun pria dan penyintas kekerasan seksual untuk dapat menyuarakan haknya akan kehormatan, keamanan dan kesetaraan. Sebagai representasi dari Zumba®, yakni brand yang memegang nilai kebebasan berekspresi, saya mendukung penuh dan optimis bahwa kekerasan dan pelecehan seksual di ranah publik dapat diatasi.”

Dengan lebih dari 15 juta peserta mingguan, di 200.000 tempat dari 186 negara, Zumba® hendak menjadi ruang bagi para perempuan dan pria untuk bebas berekspresi dan menyuarakan aspirasi mereka agar didengar oleh dunia. Zumba® menjadi sebuah wadah yang mempersatukan dan menjadi ruang aman bagi siapapun untuk saling mendukung dan berbagi kebahagiaan. Sebagai kejahatan yang melanggar hak asasi manusia, kekerasan mengurangi kebebasan bergerak perempuan, kemampuan mereka untuk berpartisipasi dalam kehidupan publik, dan berdampak negatif pada kesehatan dan kesejahteraan mereka.

Untuk itu, acara ini diselenggarakan untuk merayakan Hari Perempuan Internasional serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan isu kekerasan seksual lewat kegiatan diskusi bersama Denada Tambunan sebagai perwakilan dari Zumba®, Mia Badib selaku pegiat Jakarta Feminist dan Tamara Lois dari Sanggar Swara yang membahas secara mendalam seputar isu tersebut serta mengajak para partisipan untuk mengikuti kelas Zumba® secara virtual yang akan dipandu oleh instruktur bersertifikasi untuk meningkatkan kesehatan dan meningkatkan pemahaman otoritas tubuh.

Zumba® juga membantu para korban dan penyintas pelecehan seksual untuk pulih. Bersama dengan Jakarta Feminis akan selalu hadir untuk mendengarkan dan mendukung melalui pusat konseling Cari Layanan.

“Cari Layanan menyediakan informasi tentang bantuan bagi korban kekerasan berbasis gender di seluruh Indonesia. Cari Layanan dapat digunakan oleh korban serta teman dan keluarganya untuk mencari bantuan di lebih dari 100 lembaga non-pemerintah maupun lembaga pemerintah. Kami harap dengan hadirnya Cari Layanan dapat mempermudah para korban-penyintas pelecehan dan kekerasan untuk mendapatkan keadilan,” tutup Anindya.

Meskipun masih panjang perjuangan kita, setidaknya jika bergerak bersama semua akan menjadi mudah. Selamat hari ini Sahabat Fimela.

What's On Fimela
Loading