Sukses

Lifestyle

Manfaat Puasa, Mengendalikan Emosi dan Melatih Kesabaran

Fimela.com, Jakarta Saat ini umat muslim telah berada di ujung bulan Syaban atau 10 hari terakhir bulan Syaban. Itu artinya, bulan Ramadan akan segera tiba. Bagi umat islam, bulan Ramadan adalah bulan yang penuh kemuliaan. Bulan Ramadan juga menjadi bulan yang sangat ditunggu-tunggu karena bulan ini sangat istimewa. 

Bulan Ramadan merupakan bulan dimana umat muslim diwajibkan untuk berpuasa. Puasa sendiri adalah aktivitas menahan lapar, haus dan segala hal yang bisa membatalkannya sejak terbitnya fajar hingga terbenam matahari. Mengenai puasa Ramadan, ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan baik fisik pun psikis seseorang. 

Manfaat Puasa Ramadan untuk Kesehatan Fisik

Para ahli menemukan jika puasa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Penelitian menemukan jika puasa bisa membantu seseorang memiliki berat badan ideal dan hidup lebih sehat. Berpuasa yang dilakukan dengan benar yakni berbuka dan sahur dengan makanan bergizi serta secukupnya, akan membantu seseorang mengendalikan gula darah dalam tubuh dengan lebih baik. 

Puasa juga bermanfaat membantu seseorang memiliki kesehatan jantung lebih baik, membuat sistem pencernaan lebih sehat, bantu mengeluarkan racun dalam tubuh, bantu tubuh melawan infeksi, baik untuk kesehatan ginjal, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan bantu meningkatkan kinerja otak serta meningkatkan daya ingat. Puasa bahkan dipercaya bermanfaat meremajakan sel dalam tubuh, menurunkan kadar kolesterol dan bantu memperbaiki kualitas sperma pria.

Puasa Bermanfaat Mengendalikan Emosi dan Melatih Kesabaran

Berpuasa tidak hanya melatih seseorang untuk menahan lapar dan haus saja, tetapi juga bermanfaat melatih diri untuk mengendalikan emosi. Puasa secara tidak langsung juga membantu seseorang untuk bersikap lebih sabar, ramah dan rendah hati. 

Di bulan Ramadan, umat muslim diwajibkan untuk menahan segala nafsu termasuk nafsu marah. Di bulan Ramadan umat muslim didorong untuk berlomba-lomba dalam kebaikan. Dan salah satu kebaikan tersebut adalah menahan amarah. Saat berpuasa, seseorang yang merasa marah dan tidak sabar akan teringat bahwa ia sedang berpuasa dan harus menjadi pribadi yang lebih sabar. 

Pelan tapi pasti, puasa yang dilakukan dengan ikhlas serta sungguh-sungguh karena Allah akan membantu seseorang menjadi pribadi yang lebih baik, lebih sabar dan lebih pengertian ke orang lain. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat menyambut Ramadan bagi kamu yang beragama muslim di manapun kamu berada.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading