Sukses

Lifestyle

10 Amalan Sunah yang Sebaiknya Diperbanyak di Bulan Ramadan

Fimela.com, Jakarta Marhaban ya Ramadan. Selamat datang bulan Ramadan, bulan mulia yang penuh ampunan, bulan mulia yang lebih baik dari seribu bulan. 

Tak terasa umat muslim telah memasuki bulan Ramadan. Mari perbanyak amalan baik di bulan yang sangat baik ini. Selain menunaikan ibadah wajib seperti halnya salat lima waktu dan puasa Ramadan, ada beberapa amalan sunah yang sebaiknya diperbanyak saat Ramadan. 

Memperbanyak amalan sunah ini akan diberikan pahala yang berlipat ganda. Apa saja amalan sunah yang sebaiknya diperbanyak di bulan Ramadan?

Amalan Sunah yang Sebaiknya Diperbanyak di Ramadan

  • Makan sahur. Amalan yang pertama adalah makan sahur. Makan sahur sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Rasulullah SAW bersabda, “Bersantap sahurlah kalian, karena dalam sahur itu ada keberkahan,” (HR al-Bukhari).
  • Menyegerakan berbuka puasa. Amalan sunah yang kedua adalah segera berbuka puasa ketika memasuki waktu maghrib. Rasulullah SAW bersabda, “Jika salah seorang berpuasa, hendaknya ia berbuka dengan kurma. Jika tidak ada kurma, maka dengan air. Sebab, air itu menyucikan,” (HR Abu Dawud). 
  • Memperbanyak berdoa yang baik. Berdoa di bulan Ramadan akan lebih mudah dikabulkan. 
  • Melansir dari laman islam.nu.or.id, amalan sunah selanjutnya adalah menyegerakan mandi wajib sebelum fajar bagi yang telah suci dari hadas besar baik dari junub, haid, nifas atau pun mimpi basah. 
  • Saat Ramadan penting bagi umat muslim untuk menahan lisan dari perkara dan perkataan yang tak berguna seperti mengumpat, berkata kotor dan berbohong. Perkataan kotor bisa membatalkan puasa atau mengurangi pahala berpuasa. 

Hindari Segala Hal yang Membatalkan Puasa

  • Saat Ramadan penting bagi umat muslim untuk menahan lisan dari perkara dan perkataan yang tak berguna seperti mengumpat, berkata kotor dan berbohong. Perkataan kotor bisa membatalkan puasa atau mengurangi pahala berpuasa. 
  • Pastikan untuk menahan diri dari segala hal yang tak baik seperti makan dan minum berlebihan. Hindari juga segala hal yang tak sejalan dengan hikmah puasa. 
  • Perbanyak sedekah di bulan Ramadan yang penuh berkah. Utamakan sedekah pada keluarga terdekat, kerabat dan orang-orang yang membutuhkan di sekitarmu. 
  • Perbanyaklah iktikaf atau berdiam diri di masjid dengan tujuan ibadah karena Allah. 
  • DI bulan Ramadan, perbanyaklah aktivitas membaca al-quran. Usahakan untuk khatam al-quran setidaknya satu kali dalam sebulan. 

Usahakan untuk istiqamah dalam menjalankan ibadah-ibadah di atas di bulan-bulan berikutnya. Berbuat kebaikan sebaiknya tak harus menunggu di bulan Ramadan tetapi juga bulan-bulan lainnya. Itulah beberapa amalan sunah yang sebaiknya diperbanyak di bulan Ramadan, bulan yang penuh bekah dan ampunan. Semoga informasi ini bermanfaat. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading