Sukses

Lifestyle

7 Cara Menyiapkan Diri agar Lebih Khusyuk Jalani Bulan Ramadan

Fimela.com, Jakarta Akan selalu ada perasaan istimewa ketika bulan Ramadan datang. Ibadah puasa sudah pasti menjadi satu hal yang membedakan Ramadan dengan bulan lainnya. Tapi pasti ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mempersiapkan diri sebelum Bulan Ramadan, beberapa di antara adalah berikut ini.

1. Membayar utang puasa tahun lalu

Bagi perempuan yang mengalami siklus menstruasi pasti memiliki momen tidak puasa selama satu bulan Ramadan. Jika ada masih ada utang puasa Ramadan tahun lalu yang belum dibayar, maka jalankan puasa pengganti lebih dahulu. Berpuasa beberapa hari sebelum memasuki bulan Ramadan juga sekaligus membantu tubuh untuk terbiasa memulai berpuasa.

2. Ubah budget bulanan

Jika umumnya kita belanja seperlunya saja di bulan-bulan sebelumnya, terkadang untuk menyambut Ramadan kita perlu melakukan penyesuaian, entah itu menambah persediaan makanan, menambah budget untuk membeli kue lebaran, baju lebaran atau bahkan untuk membayar zakat dan memberi sedekah kepada yang membutuhkan.

3. Siapkan sedekah dan zakat

Karena di Bulan Suci ini pahala akan dilipatgandakan, akan lebih baik jika berbagi lebih banyak dengan sesama. Jika berencana memberi sedekah selama Ramadan, catat apa saja yang harus dilakukan, misalnya ingin bagi-bagi sembako, bagi-bagi makanan ke tetangga dan lain sebagainya, maka catat pengeluaran yang diperlukan untuk belanja semua hal tersebut.

4. Cetak jadwal imsakiyah

Seringkali jadwal imsakiyah penting untuk diperhatikan dan dipasang di rumah untuk mengetahui jam berapa harus menyudahi makan, Subuh dimulai, atau datangnya Magrib. Meskipun tentu saja di televisi atau banyak media pasti menunjukkan kapan jam imsak, Subuh dan Magrib, namun terkadang kita bisa lupa dan kelewatan sehingga membuat dikhawatirkan ibadah puasa kurang sah.

5. Bersih-bersih rumah

Penting sekali memulai bulan Ramadan dengan rumah yang bersih, karena dengan begitu secara alami akan timbul niat yang lebih khusyuk dalam menjalankan ibadah. Cek juga mukenah dan sajadah yang bersih untuk menjalankan ibadah selama Ramadan.

6. Mulai mengaji dan perbanyak solat sunah

Jika kamu berniat untuk lebih banyak ibadah selama Rmadan ini, maka bisa dimulai dengan membaca Al Qur'an dan solat sunah. Tetapkan niat di hati untuk menjadi muslim yang lebih baik di Ramadan tahun ini.

7. Jaga protokol kesehatan selama pandemi

Karena kasus Covid-19 sudah mulai menurun, ada kemungkinan kamu sudah mulai leluasa pergi tarawih dan berbuka puasa bareng di luar rumah. Tapi bukan berarti bisa mengabaikan protokol kesehatan. Pastikan kesehatanmu prima dan tetap menerapkan protokol kesehatan selama ibadah di tempat umum dan berkumpul dengan banyak orang di luar rumah.

Itu dia sekian cara menyiapkan diri agar siap menjalani puasa Ramadan.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading