Sukses

Lifestyle

5 Bukti Sebenarnya Dirimu Bahagia dengan Pilihan Hidupmu

Fimela.com, Jakarta Kita hidup di era yang begitu memudahkan kita untuk membandingkan dan dibandingkan. Ketika membuka media sosial, otak kita seakan otomatis membandingkan kehidupan kita dengan kehidupan orang lain. Lalu, ketika orang lain mencoba untuk melihat kehidupan kita, kita pun akan dibandingkan dengan yang lainnya. Hal semacam ini memang bisa cukup melelahkan dan menjemukan.

Saat membuat sebuah pilihan hidup pun, kita pun akan terus dihadapkan pada banyak perbandingan. Hal ini bisa membuat kita merasa tertekan. Padahal hidup ini adalah tanggung jawab kita. Kita pun punya hak menentukan jalan hidup kita sendiri. Terlepas dari apa kata orang yang meremehkan diri kita, bisa jadi sebenarnya kita sangat menikmati hidup kita. Kita bisa bahagia dengan pilihan hidup kita sendiri, hal-hal ini bisa jadi buktinya.

 

1. Bersemangat Menjalani Hari

Apa pun yang kamu jalani saat ini, kamu selalu bersemangat menjalani hari. Bahkan tiap kali bangun tidur di pagi hari, kamu tak sabar untuk beraktivitas. Meski tak semuanya berjalan lancar tapi selalu ada semangat yang hadir ketika kamu menjalani sesuatu yang jadi pilihanmu.

2. Ada Kepuasan Batin

Kepuasan batin ini sifatnya bisa sangat personal. Dengan pilihan hidupmu, kamu bisa mendapat kepuasan batin. Sekecil atau seremeh apa pun hal yang kamu lakukan, tapi kalau itu bisa menghadirkan kepuasan batin maka itu sudah lebih dari cukup untuk membuatmu bahagia. Perasaan hangat dan nyaman yang mengalir menjadi bukti bahwa kamu sudah cukup bahagia dengan apa pun yang ada saat ini.

3. Tidak Banyak Mengeluh

Salah satu kunci penting untuk bahagia adalah mau dan rela menerima. Kalau hari-hari kita dipenuhi dengan protes dan komplain, maka kita bisa makin jauh dari yang namanya kebahagiaan. Mengutip buku Happiness Inside, komplain dan kebahagiaan seperti terang dan gelap, keduanya tidak mungkin hadir berbarengan. Kalau kita kebanyakan komplain dan mengeluh, maka tak ada kebahagiaan yang kita rasakan. Saat hari-hari yang kita jalani tidak diwarnai dengan banyak keluhan, ini bisa jadi pertanda sebenarnya kamu sedang bahagia.

 

 

4. Tidak Terobsesi dengan Standar Hidup Orang Lain

Mengutip buku How to Respect Myself, orang-orang dengan harga diri rendah acapkali hanya membicarakan tentang orang lain. Saat kita hanya fokus pada standar hidup orang lain dan membuat perbandingan yang tak sehat, maka kita akan makin jauh dari kebahagiaan. Ketika kita punya harga diri tinggi dan lebih fokus menjalani hidup kita dengan sebaik-baiknya, kebahagiaan pun bisa kita dapatkan dengan lebih mudah.

 

 

5. Banyak Bersyukur

Bersyukur dengan semua yang ada. Bersyukur dengan semua kesulitan yang membantu kita menjadi pribadi yang lebih dewasa. Bersyukur dengan kesempatan-kesempatan yang membuat kita senantiasa tumbuh. Saat rasa syukur ini hadir, maka bahagia sudah ada di dalam jiwa kita.

Apa pun pilihan hidupmu saat ini, semoga itu bisa membuka pintu kebahagiaan untuk dirimu ya. Terima kasih juga sudah melakukan yang terbaik untuk hidupmu hingga saat ini.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading