Sukses

Lifestyle

5 Cara Redakan Gelisah saat Merasa Hidupmu Tertinggal dari Orang Lain

Fimela.com, Jakarta Sering kita mendengar bahwa hidup bukanlah perlombaan. Hidup bukanlah suatu pertandingan. Namun, tetap saja saat melihat orang lain tampak lebih cepat menggapai sesuatu, kita merasa ciut. Saat orang lain sudah bisa menapaki anak tangga yang lebih tinggi, rasanya kita jadi makin gelisah dan gusar.

Hal yang wajar saat kita merasa tertinggal ketika orang lain tampak sudah lebih jauh melangkah. Akan tetapi, bukan berarti hidup kita akan merana selamanya. Kita mungkin akan merasa gelisah saat merasa hidup kita jauh tertinggal. Meskipun begitu, bukan berarti kita akan terus menenggalamkan diri dalam rasa gelisah berkepanjangan.

 

1. Akui Pencapaian Orang Lain

Daripada merasa iri atau cemburu dengan pencapaian orang lain, mending akui saja. Ikutlah berbahagia dengan yang mereka capai. Setidaknya dengan cara ini, kita bisa lebih bersemangat dalam menjalani hidup kita sendiri. Kita tidak berlarut-larut dalam rasa iri atau sedih karena merasa tertinggal. Sebab merayakan kebahagiaan orang lain bisa jadi salah satu sumber kebahagiaan kita sendiri.

2. Sadari Tiap Orang Punya Perjalanannya Masing-Masing

Garis awal tiap orang berbeda-beda. Tantangan dan keistimewaan yang dimiliki tiap orang pun tak pernah ada yang sama. Sadari bahwa perjuangan dan perjalanan tiap orang punya lika-likunya sendiri. Mungkin kita merasa tertinggal dari orang lain karena memang titik awal kita sangat jauh, dan jalan yang kita tempuh sangat panjang. Jadi, fokuslah dengan perjalanan kita sebelum merasa terganggu dengan perjalanan orang lain.

 

3. Buat Rutinitas Sendiri

Belum terlambat untuk membangun kebiasaan-kebiasaan baru. Daripada membuang energi untuk merasa galau dan rendah diri, mending fokus menyibukkan diri dengan melakukan banyak hal yang produktif. Memiliki rutinitas dan kesibukan bisa membuat hidup kita jadi terasa lebih bermakna. Cara ini pun bisa membantu meluruhkan rasa gelisah dan gundah di hati.

 

4. Kenali Diri Lebih Baik Lagi

Kita memang bukan orang yang sempurna. Ada kelebihan dan kekurangan yang kita punya. Belum bisa mencapai sesuatu yang sudah berhasil didapat orang lain bukan akhir dari segalanya. Tidak bisa mencapai titik yang sama dengan orang lain bukan berarti kita akan tertinggal begitu saja. Cukup kenali diri lebih baik lagi. Fokus pada memperbaiki kekurangan dan terus mengasah kelebihan untuk membuat pencapaian kita sendiri.

 

5. Berhenti Mencari-cari Kesalahan

Saat kita merasa tertinggal dari orang lain, biasanya kita akan menyalahkan banyak hal. Menyalahkan keadaan, orang lain, hingga diri sendiri. Makin sering kita menyalahkan banyak hal, makin merana diri kita. Untuk itu, berhentilah mencari-cari kesalahan. Maafkan siapa pun dan apa pun. Sebab masih ada banyak hal yang perlu diperjuangkan lagi dalam hidupmu.

Jadi, sudah ya. Sudahi rasa gelisahmu. Sudahi rasa bersalah dan kecewamu. Saatnya untuk melangkah dan bersinar dengan caramu sendiri.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading