Sukses

Lifestyle

5 Bukti Ada Jiwa Perempuan Dewasa di Dalam Dirimu

Fimela.com, Jakarta Apa arti dewasa? Bagaimana cara menjadi perempuan dewasa? Definisi atau arti dewasa bisa sangat beragam, tergantung dari sudut pandang hingga pengalaman kita. Akan tetapi, kita semua sama-sama punya peluang untuk menjadi perempuan dewasa.

Dewasa tidak selalu ditentukan oleh usia. Bahkan yang masih muda atau belia bisa memiliki jiwa dewasa yang kuat. Kali ini kita akan coba bahas beberapa hal yang bisa membuktikan ada jiwa perempuan dewasa di dalam diri kita. Secara umum, lima hal ini menjadi bukti sebenarnya ada jiwa tangguh dan dewasa di dalam diri kita meski selama ini kita tidak cukup menyadarinya.

 

1. Tidak Lari dari Masalah

Saat ada masalah, kamu berupaya untuk mencari jalan keluarnya. Tidak lari dari masalah atau membiarkan masalah makin memburuk. Memang berat ketika harus menghadapi dan menyelesaikan suatu masalah, tetapi ini adalah cara terbaikmu untuk bisa memiliki hati yang tegar. Sebab ke depannya, makin bertambah usiamu, makin banyak ujian hidup yang harus dihadapi sendiri.

2. Terbiasa Mencukupi Kebutuhan Sendiri

Berbagai macam kebutuhan, kamu coba untuk penuhi sendiri. Meski mungkin saat ini kamu masih bergantung beberapa hal pada orang lain, tetapi kamu mencoba untuk melakukan hal-hal yang masih dalam kemampuanmu secara mandiri. Punya penghasilan sendiri meski tak seberapa sudah menjadi bukti ada jiwa perempuan dewasa di dalam dirimu, sebab ini menjadi salah satu langkah awal untuk menjadi perempuan berdaya.

 

3. Berusaha Tetap Menjadi Orang Baik Setiap Saat

Dunia bisa begitu kejam padamu. Orang-orang di sekitarmu pun bisa memperlakukanmu dengan sangat buruk. Namun, kamu memilih untuk menjadi orang baik. Tidak membalas kejahatan dengan kejahatan. Menjadi orang baik membuatmu bisa menjalani hidup tanpa rasa penyesalan. Hidup tanpa penyesalan berlebih hadirkan ketenangan jiwa dan makin mendewasakan dirimu.

4. Tahu Batasan

Maksudnya kamu tidak berbuat seenaknya sendiri. Kamu tetap berupaya bertanggung jawab atas setiap hal, pilihan, dan keputusan yang kamu buat. Tidak semena-mena atau melakukan hal seenaknya sendiri demi kepentingan pribadi. Kamu tetap berupaya untuk berempati dan bersimpati di tengah lingkaran sosialmu.

 

5. Tergerak untuk Meringankan Beban Orang Lain

Sebisa mungkin, kemampuan dan keahlian yang kamu punya kamu maksimalkan untuk bisa menebar manfaat dan kebaikan untuk orang lain. Kamu berupaya untuk meringankan beban orang lain, atau setidaknya bisa membuat hidup orang lain sedikit lebih mudah dengan kehadiranmu. Membuat orang lain tersenyum sudah menjadi sebuah kebahagiaan sendiri bagimu.

Kalau menurut Sahabat Fimela sendiri, apa definisi menjadi perempuan dewasa? Semoga apa pun sudut pandang kita tentang menjadi dewasa, itu bisa membantu kita menjalani hidup dengan lebih bermakna.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading