Sukses

Lifestyle

5 Cara Menyikapi Suasana Hati yang Mendadak Muram

Fimela.com, Jakarta Suasana hati kita bisa berubah-ubah seiring waktu. Berbagai kejadian hingga kondisi tubuh bisa memengaruhi suasana hati kita. Bahkan kadang suasana hati bisa mendadak muram tanpa tahu penyebab yang pasti.

Saat sedang bad mood atau suasana hati mendadak muram, kita bisa diliputi perasaan yang tak nyaman. Apa pun yang kita lakukan pun seakan terasa salah. Tak hanya itu saja, kita merasa jadi tidak bersemangat bahkan sampai kehilangan harapan. Kalau sudah begini, apa yang perlu kita lakukan untuk meredakan rasa tak nyaman yang ada?

 

 

 

1. Mendengarkan Musik

Melansir laman Prevention, musik bisa mengaktifkan pusat kebahagiaan di otak, membuat kita merasa terhubung, dan mengalihkan fokus kita. Mendengarkan musik apa pun sesuai dengan selera dan keinginan bisa membantu kita merasa lebih nyaman. Jadi, ketika perasaan atau suasana hati mendadak muram, coba putar lagu atau musik yang kamu suka.

2. Cari Udara Segar

Bisa coba keluar dan menikmati alam terbuka. Nikmati pemandangan, cium aroma, dan dengarkan suara alam. Semua itu bisa bantu meningkatkan suasana hati. Jalan-jalan sebentar menikmati udara segar bisa membuat perasaan kita lebih tenang dan nyaman. Bisa jadi perasaan muram yang hadir merupakan sinyal bahwa tubuh dan pikiran sedang butuh udara segar.

 

3. Gerakkan Tubuh

Ada penelitian yang menyebutkan bahwa perempuan yang duduk kurang dari 4 jam per hari dan memenuhi kebutuhan gerak aktif (seperti 30 menit jalan santai per hari) memiliki risiko tiga kali lebih kecil menderita depresi dibandingkan perempuan yang duduk lebih dari 7 jam dan tidak aktif. Kalau perasaan mendadak muram dan rasanya kehilangan semangat, coba untuk gerakkan tubuh lebih aktif lagi.

4. Tidur

Ya, tidur. Saat perasaan muram, kadang kita tidak ingin melakukan apa-apa. Kalau situasinya seperti itu, bisa coba untuk manfaatkan waktu dengan beristirahat. Mungkin beberapa waktu terakhir ini sulit tidur atau jam tidur berantakan, jadi ini waktu yang tepat untuk mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas.

 

 

5. Menulis Jurnal

Biasanya perasaan yang memburuk atau suasana hati yang muram membuat kita mudah tertekan. Kita jadi stres dan di benak kita dipenuhi hal-hal yang rumit. Cobalah untuk mengambil selembar kertas atau buku, lalu tuliskan semua hal yang sedang dirasakan. Menuliskan semua emosi dan perasaan ini bisa bantu tenangkan diri. Setidaknya kita bisa tahu apa yang sebenarnya kita mau dan rasakan.

Kalau suasana hati yang muram terjadi berkepanjangan dan tak kunjung reda, cobalah untuk mencari bantuan profesional seperti ke psikolog atau psikiater, ya. Bagaimanapun, kesehatan mentalmu sama pentingnya dengan kesehatan tubuhmu.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading