Sukses

Lifestyle

9 Waktu Utama Berdoa agar Keinginan Kita Cepat Terkabul

Fimela.com, Jakarta Setiap kali kita berdoa, pastinya ada keinginan atau harapan yang ingin bisa cepat dikabulkan. Tentu saja terkabulnya sebuah doa tergantung dari ketepatan waktu menurut Allah SWT. Kita tak pernah tahu kapan atau bagaimana setiap doa kita dikabulkan. Namun, sebagai manusia kita selalu butuh berdoa.

Dalam Islam, ada waktu-waktu tertentu yang dikenal sebagai waktu paling mustajab untuk berdoa. Bagi yang saat ini sedang punya hajat, keinginan, atau harapan, coba temukan waktu-waktu istimewa untuk berdoa yang lebih khusyuk. Mengutip buku 500 Rahasia Islami Pencerah Jiwa, ada sembilan waktu utama berdoa. Harapannya dengan mengencangkan doa pada waktu-waktu ini, hajat atau keinginan kita bisa dikabulkan dengan secepatnya dan setepatnya. 

1. Waktu antara Azan dan Iqamat

Nabi Muhammad SAW bersabda, "Tidak akan ditolak, suatu doa yang dipanjatkan antara waktu azan dan iqamat." (HR. Tirmidzi)

 

2. Menjelang Waktu Salat dan Sesudahnya

Tentu saja berdoa setelah salat wajib lebih utama dibandingkan salat sunnah. Ath-Thabary menginfrormasikan bahwa Ja'far Ash-Shadiq berkata, "Berdoa sesudah salat fardu lebih utama daripada berdoa setelah salat sunnah."

3. Waktu Sepertiga Malam Terakhir

Nabi Muhammad SAW bersabda, "Tuhan turun ke langit dunia pada sepertiga malam yang terakhir. Dan berfirmanlah Dia, 'Siapa yang berdoa kepada-Ku, maka Aku perkenankan doanya. Siapa yang meminta ampun kepada-Ku, maka Aku ampunia dia.'" (HR. Bukhari dan Muslim)

Abi Umamah ra. mengutarakan, seseorang bertanya kepada Nabi, "Ya Rasulullah, kapankah doa itu paling didengar oleh Allah?" Nabi Muhammad SAW bersabda, "Pada akhir malam dan sesudah salat wajib." (HR. Tirmidzi)

 

4. Sepanjang Hari Jumat

Hari Jumat menjadi hari yang istimewa bagi umat muslim. Perbanyak shalawat juga pada hari Jumat untuk mendapatkan lebih banyak keberkahan. 

5. Waktu antara Zuhur dan Ashar

Waktu antara Asar dan Magrib juga termasuk dalam waktu mustajab untuk berdoa. Jadi, perbanyaklah berdoa pada waktu-waktu tersebut.

6. Ketika Menamatkan Membaca Al-Quran 30 Juz

Setelah khatam atau menamatkan 30 juz Al Quran, jangan lupa untuk banyak berdoa. Sampaikan semua doa dan sampaikan dengan niat tulus mendapatkan kebaikan. 

 

7. Ketika Sujud

Nabi Muhammad SAW bersabda, "Saat paling dekat antara hamba dengan Tuhannya adalah ketika sedang bersujud, karena itu perbanyaklah doa pada saat itu." (HR. Muslim, Abu Dawud, dan Nasa'i dari Abu Hurairah ra.)

 

8. Kala Melakukan Tawaf

Tawaf adalah kegiatan mengelilingi Ka'bah sebanyak tujuh kali, dan merupakan salah satu amal ibadah yang dilakukan oleh Muslim pada saat melaksanakan haji dan umrah. Perbanyak doa pada saat tawaf untuk mendapat peluang terkabulnya doa.

9. Saat Turun Hujan

Nabi Muhammad SAW bersabda, "Berdoalah pada waktu doa-doa itu diperkenankan Tuhan, yakni pada saat berjumpa dengan pasukan musuh, ketika akan melaksanakan salat, dan ketika turun hujan." (HR. Asy-Syafi'i)

Mari kita perbanyak doa selama bulan Ramadan ini. Maksimalkan berdoa pada waktu-waktu utama seperti yang disebutkan di atas. Kita sebagai manusia perlu berusaha semaksimal mungkin, berdoa, dan serahkan keajaiban pada Allah SWT.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading