Sukses

Lifestyle

Jangan Minder! Ini 8 Keuntungan Menjadi Seorang Introver

Fimela.com, Jakarta Pemilik kepribadian introver memiliki kecenderungan menghabiskan waktu sendiri untuk mengumpulkan energi. Sehingga tidak jarang beberapa introver merasa minder dengan tipe kepribadian mereka karena mereka tidak bisa aktif bersosialisasi atau menikmati waktu bersama teman dengan lama seperti para ekstrover.

Tetapi hal tersebut tidak menjadikan introver lebih buruk atau berada dibawah ekstrover. Berikut adalah 8 kelebihan seorang introver.

1. Tidak Menyukai Pembicaraan yang Penuh Basa-Basi

Seorang introver cenderung tidak menyukai percakapan yang penuh basa-basi. Mereka lebih menyukai percakapan yang penuh makna, seperti percakapan mengenai impian, mimpi, pendapat, dan berbagai topik bermakna lainnya. Oleh karena itu, para introver cenderung handal dalam memulai deep talk.

2. Pecinta Binatang

Selain memiliki kecenderungan menyendiri untuk mengembalikan energi, sebagian besar introver dapat mengembalikan energinya dengan bermain bersama hewan peliharaan. Mereka suka menghabiskan waktu dengan hewan yang mereka sukai. Oleh karena itu, introver dapat dikatakan sebagai pecinta hewan sejati.

3. Pengamat yang baik

Dibandingkan dengan ekstrover yang sangat menonjol saat berada dalam keramaian, introver cenderung menahan diri karena mereka lebih suka mengamati sekitarnya. Mereka mendengarkan, melihat, dan memperhatikan berbagai hal yang ada disekitarnya. Sehingga, sebagian besar introver adalah pribadi yang peka dan sensitif terhadap sekitarnya.

4. Pemimpin dan pekerja yang baik

Menjadi introver bukan berarti kamu tidak bisa memimpin dan membimbing orang lain. Bahkan, seorang pemimpin dengan kepribadian introver cenderung lebih perhatian dengan rekan kerjanya karena mereka adalah pengamat yang baik. Mereka juga adalah tipe pemimpin yang hati-hati tetapi selalu siap untuk segala situasi dan kondisi. Sedangkan sebagai seorang pekerja, introver menikmati pekerjaan individu. Jika seorang introver diberikan waktu dan tempat yang nyaman, maka ia dapat memberikan hasil pekerjaan yang maksimal.

5. Penuh empati

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, introver adalah seseorang yang peka dan juga mampu membangun percakapan yang bermakna. Singkatnya, introver adalah pendengar yang baik. Mereka memiliki empati yang tinggi terhadap orang-orang disekitarnya. Hal tersebut menjadikan introver sebagai teman yang dapat diandalkan.

6. Berpikir sebelum bertindak

Sebagai seorang pengamat yang baik, introver cenderung menahan diri untuk memperhatikan sekitarnya sebelum bertindak. Ia akan memikirkan berbagai hal sebelum memberikan bertindak, seperti perasaan orang lain, bobot dan dampak dari pesan yang akan ia sampaikan, hingga situasi dan kondisi sekitar. Oleh karena itu, introver juga dapat dikatakan sebagai seorang perencana yang handal.

7. Mengenal dirinya sendiri

Saat introver menghabiskan waktu untuk dirinya sendiri, mereka sering melakukan refleksi diri. Mereka sering memikirkan berbagai hal mengenai dirinya sendiri, seperti kepribadian, kelebihan dan kekurangan, serta kesalahan yang pernah mereka lakukan. Banyaknya waktu yang digunakan untuk refleksi diri membuat introver lebih mengenal dirinya.

8. Teman yang setia

Sebagai pendengar yang baik dan memiliki empati yang tinggi, seorang introver rela memberikan dan melakukan apapun yang ia bisa untuk orang terdekatnya. Mereka tidak ragu menawarkan bantuan serta menunjukkan afeksi saat orang terdekatnya membutuhkan hal tersebut. Oleh karena itu, seorang introver adalah tipe teman setia yang kita butuhkan dalam hidup ini.

Menjadi introver bukanlah hal yang buruk.

 

Ditulis oleh: Savitri Anggita Kusuma Wardani

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading