Sukses

Lifestyle

Sore Seru dan Menyenangkan Main ke Art Jakarta Gardens 2022 di Hutan Kota by Plataran

Fimela.com, Jakarta Art Jakarta tahun ini menawarkan konsep baru yang lebih segar, inovatif, dan terbuka melalui Art Jakarta Gardens 2022. Sebab, kita bisa menikmati pameran dan berkegiatan seni di area indoor dan outdoor bertempat di Hutan Kota by Plataran, Jakarta, 7-14 April 2022.

Sebelum acara dibuka untuk umum pada Sabtu, 9 April 2022, Fimela berkesempatan untuk melihat dan mengagumi langsung berbagai mahakarya seni dari berbagai seniman. Konsep ruang terbuka yang menjadi opsi tepat untuk menggelar exhibition, ikut mengubah tampilan taman di sekitar area Hutan Kota by Plataran dengan kehadiran patung dan instalasi ruang yang menarik.

Seperti instalasi karya Wiyoga Muhardanto berjudul 'Arisan', yang memamerkan koleksi replika luxury tote bag dari fashion house dunia, seperti Fendi, Dior, sampai Balenciaga. Replika tas yang terbuat dari material beton itu terhampar di rumput yang memiliki view danau serta Taman Tugu Majapahit yang ikonis

Sepanjang menyusuri jalan setapak di taman, kita akan menemukan banyak kejutan dari koleksi yang menjadi rumah bagi beragam karya berwujud patung atau seni rupa tiga dimensi lainnya. Direktur Artistik Art Jakarta Enin Supriyanto mengatakan jika sudah seharusnya karya seni berwujud patung dapat hadir secara pantas dan memadai di ruang terbuka saat membuka Art Jakarta Gardens 2022, Kamis, 7 Maret di tempat yang sama.

Seperti karya perupa Dolorosa Sinaga lewat patung 'Penari Betawi' yang dipresentasikan oleh Facede x Kiniko Art, berdiri cantik menyambut para pengunjung di tengah belantara pepohonan.

Atau patung karakter Kira, gadis kecil bermata kelam dan berkaca-kaca karya Roby Dwi Antono yang bisa dilihat dengan background 'hutan beton' sebagai bagian dari atmosfer yang disuguhkan hutan di dalam kota.

Art, nature, dan cosmopolitan, begitu gambaran yang ingin ditampilkan oleh Art Jakarta Gardens 2022. Menikmati seni yang menyatu dengan alam, namun tetap terkoneksi dengan kemodernan. 

Termasuk merangkul karya seni rupa digital dan teknologi blockchain yang berkembang belakangan ini. Art Jakarta Gardens berkolaborasi dengan Solana untuk menampilkan pameran NFT yang terletak di tenda B.

Dikurasi oleh Evan Tan, seorang pemengaruh dan kolektor NFT yang mengikuti perkembangan hal NFT. Kita akan diajak memasuki ruangan gelap yang dipenuhi dengan loker yang saat dibuka berisi layar yang menampilkan karya NFT, termasuk yang fenomenal Ghozali Everyday.

Ada juga koleksi Museum of Toys yang memamerkan karya seniman Eko Nugroho terkecil bertema Covid-19. Atau patung-patung keluarga The Simpsons, Spongebob, dan Mickey Mouse, dan beberapa patung yang sebelumnya dipamerkan di Spanyol. 

Koleksi Museum of Toys

Di Tenda A juga terdapat karya seni instalasi, lukisan, dan dwimatra seperti milik SAL Project

Koleksi Yunizar dari Gajah Gallery yang karyanya pernah mejeng di ajang bergengsi Frieze Sculpture edisi ke-9 di English Gardens, The Regent's Park, London

Nah, semakin sore, jalan-jalan di Art Jakarta Gardens 2022 semakin seru dan indah. Karena permainan tata cahaya dan sorotan lampu ikut menjadi karya seni yang mengesankan. 

Kita juga bisa mendengar penjelasan tiap masing-masing karya seni lewat program Guided public tour to exhibition tents and sculpture garden secara gratis. Ada pada pukul 16.00-17.00 WIB dan 17.00-18.00 WIB.

Pas buat kamu yang mau ngabuburit atau jalan-jalan sore untuk cari pengalaman baru, nih. Info lengkapnya kunjungi website dan akun Instagram @artjakarta ya! 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading