Sukses

Lifestyle

Intip Kisah Inspiratif Randu Zulmi, Sosok Cerdas di Balik Suksesnya Transformasi AXIS di Segmen GenZ

Fimela.com, Jakarta Kalau ngobrolin tentang salah satu provider telekomunikasi ternama di Indonesia, nama AXIS jelas jadi salah satu yang nggak boleh dilewatkan. Jika diperhatikan, beberapa tahun terakhir ini AXIS memang jadi salah satu provider yang populer di kalangan anak muda karena menghadirkan paket internet yang sesuai dengan kebutuhan generasi masa kini.

Tapi, tahukah kamu siapa sosok di balik kesuksesan AXIS dalam melakukan transformasi besar-besaran? Dialah Randu Zulmi, perempuan cerdas yang kini dipercaya sebagai Head of Youth Marketing Communication XL Axiata.

Sosoknya yang kreatif dan adaptif berhasil membawa perkembangan besar dalam perubahan image yang ditampilkan AXIS dalam merangkul anak muda. Gali inspirasinya lebih jauh yuk, Sahabat Fimela!

Challenge yang Dihadapi Saat PDKT dengan Generasi Muda

Shifting market ini sendiri membutuhkan proses yang panjang. Di awal-awal melakukan hal tersebut, Randu merasakan banyak hal yang menjadi tantangan dalam upaya merangkul audiens yang lebih muda.

"It was very difficult, karena semua orang selalu melihatnya AXIS itu brand yang mass market targeting-nya buat low segment. Pertama-tama kita cari banget, kita merombak semua brand guideline, color tone, our spirit, even kita ganti cara berkomunikasi dengan konsumen, kayak semua benar-benar dirombak ulang banget," jelas Randu.

Sebagai brand yang merangkul anak muda, Randu mengaku bahwa ia dan timnya harus berupaya selalu keep up dengan tren yang ada agar bisa berjalan beriringan dengan para pengguna. Melakukan banyak riset menjadi salah satu kekuatan yang paling membantu AXIS.

"Kalau lihat trend anak muda selalu berubah ya. Jadi sebenarnya yang paling nolong AXIS meraih achievement adalah kita benar-benar melakukan banyak research. Apa sih yang paling relevan dengan anak muda? Dan itu kita aplikasikan nggak cuma ke dalam materi komunikasi, tapi ke product, touch point kita. Kalau dilihat aplikasi kita sangat anak muda banget karena kita berusaha bikin semua aset yang kita punya itu tuh sesuai dan relevan dengan anak muda," papar perempuan yang sudah belasan tahun berkarier di dunia marketing dan komunikasi ini.

Selalu Mengikuti Perkembangan Tren dan Kebutuhan Anak Muda

Nggak hanya selalu berusaha dinamis dan mengikuti tren yang berkembang saja. Randu juga mengungkapkan bahwa AXIS selalu berupaya mendengarkan apa yang menjadi kebutuhan generasi masa kini. Hal inilah yang menurutnya menjadi kekuatan terbesar yang dimiliki AXIS saat ini.

"Sebelum launching produk atau service, kita tuh selalu ngobrol sama anak-anak muda. We take their opinion very seriously. salah satu yang jadi input buat kita tahun lalu adalah mereka pengen bikin paket mereka sendiri. Jadi mereka bisa atur kuotanya sendiri, misalnya mereka mau taruh di sosial media, di layanan video yang mereka mau. Jadi paket ini sangat spesial karena sesuai dengan kebutuhan mereka," jelas Randu.

AXIS juga melakukan berbagai inisiasi baru. Misalnya saja fokus mengoptimasi layanan kuota e-sports yang banyak disukai anak muda saat ini. Selain itu, berbagai program menarik pun dihadirkan untuk memperkuat posisi AXIS di kalangan anak muda. Salah satu harapan Randu adalah pandemi bisa segera membaik agar kegiatan offline bisa kembali diselenggarakan.

Prinsip Hidup yang Menjadi Pondasi Meniti Karier

Kesuksesan Randu dalam berkarier nggak terlepas dari prinsip hidup yang ia pegang. Ia percaya bahwa selalu ada pilihan bagi perempuan dalam berkarier di dunia kreatif untuk menyalurkan ide dan passion yang dimiliki.

"Aku tuh selalu pengen kerja di bidang kreatif, tapi karena dulu kuliahnya di advertising jadi ga bisa bekerja di creative enterprise yang terlalu technical. Akhirnya cari-cari yang masih punya creative part tapi bisa kerja kantoran. Jadi dari sekian banyak kerjaan akhirnya pilihnya tuh di marketing communication," ungkap Randu kemudian.

Ia pun bercerita bahwa ada perasaan happy yang dirasakan saat berkarier di AXIS. Randu mengaku AXIS memberinya kebebasan dalam bereksplorasi sekreatif mungkin asalkan masih relevan dan acceptable.

Randu juga percaya bahwa berusaha maksimal untuk mencapai kehidupan dan karier yang lebih baik memang jadi hal yang penting. Tapi, jangan lupa untuk tetap mencintai dan merawat diri. Perempuan yang merupakan anak sulung dari aktor senior almarhum Asrul Zulmi sekaligus keponakan dari Nizar Zulmi juga memberikan saran buat perempuan di luar sana yang saat ini sedang merintis karier.

"Jangan lupa what is your objective in life. Kadang-kadang kita tuh udah terlalu sibuk, misalnya ibu rumah tangga udah sibuk banget jadi lupa nih. Jadi sebenarnya mau kita apa, so please don’t forget you. Karena sebenernya kan di tengah segala kesibukan itu we always forget ourselves, right? So don’t forget what do you want. Jadi apapun yang kamu lakukan kamu kok yang akan ngejalanin," pungkas Randu.

Target Bersama AXIS ke Depan

Delapan tahun bersama AXIS dan berhasil merombak image yang lebih kekinian dan youthful, Randu ternyata masih punya banyak rencana untuk memperkuat posisi AXIS di kalangan anak muda.

"Jadi tahun ini sebenernya kita pengin lebih deket lagi nih sama mereka gitu. Kita akan bikin event-event, terus kita juga akan bikin a lot of social media gathering gitu, terus nanti kita juga akan ada offline activites juga gitu kaya kita kan dulu kalo ada mabar, selalu main bareng, selalu ada nobar gitu kan. Nah itu kan semuanya tuh berhenti gitu ya waktu pandemi. Jadi tahun ini tuh sebenernya we wanted to bring all of the excitement back gitu," lanjut Randu.

Selain itu, AXIS juga menghadirkan berbagai paket internet dengan kuota besar dan harga terjangkau yang pas banget di kantong GenZ. Salah satunya adalah Paket Tiktok Ramadan yang hadir buat para GenZ yang hobi berkreasi dan bereksplorasi di dunia TikTok. Paket internet yang satu ini hadir dengan 3 pilihan yang bisa menyesuaikan kebutuhanmu.

Ada Paket TikTok Ramadan 7hr Rp22.500 dengan kuota utama 5GB dan TikTok 5GB. Ada pula Paket TikTok Ramadan 15hr Rp40.100 dengan kuota utama 8GB dan TikTok 8GB. Serta ada Paket TikTok Ramadan 30hr Rp80.700 dengan kuota utama 12GB dan TikTok 12GB.

Sudah tahu mana paket internet AXIS yang kamu butuhkan?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading