Sukses

Lifestyle

4 Cara Membuat Tampilan Eksterior Rumah Terlihat Standout, Makin Siap Sambut Tamu Lebaran

Fimela.com, Jakarta Kalau lagi ngobrolin rumah idaman, nggak hanya bagian interior atau desain dalam rumah saja yang perlu diperhatikan. Eksterior atau tampilan luar rumah juga jadi hal yang nggak boleh terlewat. Bagian inilah yang memberikan first impression sebelum orang lain masuk lebih jauh ke dalam hunianmu.

Nah, coba cek kembali bagian eksterior rumahmu. Apakah sudah memberikan first impression yang diharapkan? Mumpung momennya menyambut Lebaran, beberapa car aini bisa dilakukan untuk membuat tampilan eksterior rumah lebih standout. Gali lebih jauh yuk, Sahabat Fimela!

Cat Ulang dengan Pilihan Warna yang Tepat

Hal pertama yang jadi perhatian saat melihat eksterior rumah adalah cat yang digunakan. Cat di bagian luar rumah mudah terlihat kusam dan mengelupas karena paparan sinar matahari atau terkena air hujan.

Jika ingin membuat bagian eksterior terlihat standout, awali dengan cat ulang. Pastikan pilih padu padan warna yang tepat agar bisa menutupi ketidaksempurnaan bagian depan hunianmu. Mix and match dengan warna yang memiliki 1 shade lebih terang atau lebih gelap dibandingkan dengan warna utama untuk menciptakan keseimbangan.

Desain Pintu yang Menjadi Daya Tarik

Sebagai jalan masuk, ada baiknya pintu utama memiliki unsur yang berbeda jika dibandingkan dengan elemen eksterior lainnya. Misalnya saja, warna cat berbeda yang dibuat lebih cerah sebagai petunjuk letak area masuk.

Selain itu, pertimbangkan juga desain pintu depan yang sesuai dengan tema eksterior rumah. Bisa juga dengan menggunakan perpaduan pintu kayu dan teralis besi yang nggak hanya membuat rumah lebih aman, melainkan juga mempengaruhi permainan estetika rumah.

Perhatikan Model Jendela

Jendela juga menjadi salah satu elemen penting yang mempengaruhi eksterior rumah. Model jendela adalah hal utama yang paling merefleksikan gaya arsitektur bangunan secara menyeluruh. Namun, jangan lupa untuk membuat jendela tetap memiliki fungsi lengkap.

Maksudnya adalah cahaya alami yang berasal dari luar rumah bisa tetap masuk dengan optimal yang mempengaruhi pencahayaan di dalam rumah sekaligus melancarkan sirkulasi udara. Selain itu, jendela juga sebaiknya memperlihatkan pemandangan di luar rumah dengan jelas.

Jangan Lupa Pencahayaan Luar Rumah

Letaknya memang di luar, tapi bukan berarti kamu jadi mengabaikan pencahayaan di luar rumah saat malam hari. Teknik pencahayaan yang tepat adalah yang bisa memberikan highlight elemen arsitektur tertentu yang menjadi ciri khas rumahmu.

Nggak hanya itu saja, sistem pencahayaan ini juga memberikan kenyamanan sekaligus membuat nyaman penggunaan bangunan itu sendiri. Misalnya dengan memasang lampu taman atau lampu di sudut-sudut gelap yang ada di rumah agar bisa memantau keadaan dengan jelas.

Itu tadi beberapa trik yang bisa dilakukan untuk membuat bagian eksterior rumah terlihat lebih standout. Jadi makin siap menyambut tamu saat Lebaran nanti kan, Sahabat Fimela!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading