Sukses

Lifestyle

3 Syarat yang Mewajibkan Seseorang Membayar Zakat Fitrah

Fimela.com, Jakarta Ketika di bulan Ramadan, selain diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa, setiap muslim juga diwajibkan atasnya untuk membayar zakat fitrah. Zakat fitrah hendaknya dibayarkan sebelum Hari Raya Idul Fitri tiba. Besaran zakat fitrah sendiri adalah beras seberat 2,5 kg mengingat masyarakat Indonesia makanan pokoknya adalah beras. 

Mengenai zakat fitrah, ini bertujuan untuk memberikan makan kepada fakir miskin dan untuk membersihkan diri dari dosa yang dilakukan selama berpuasa Ramadan atau pun selama setahun terakhir. Membayar zakat bertujuan untuk membersihkan diri dan mengembalikan diri kepada fitrah. 

Ada 3 syarat yang harus dipenuhi seseorang ketika ia hendak membayar zakat fitrah. Syarat tersebut antara lain sebagai berikut. 

Islam

Syarat pertama seseorang wajib membayar zakat adalah seseorang yang beragam Islam. Jika seseorang memeluk agama lain selain Islam, dia tidak wajib membayar zakat. 

Merdeka

Melansir dari laman kemenag.go.id, syarat kedua seseorang wajib membayar zakat adalah dia merdeka. Merdeka di sini memiliki arti bahwa orang tersebut berkuasa atas dirinya sendiri. Orang tersebut bukanlah seorang budak yang dikuasai atau dikendalikan orang lain.

Mampu

Syarat ketiga adalah mampu. Orang yang wajib membayar zakat adalah orang yang mampu membayarnya. Mampu di sini adalah orang-orang yang memiliki makanan di malam Idul Fitri bahkan orang yang memiliki makanan untuk orang lain. Mereka yang tidak mampu atau dalam keterbatasan ekonomi untuk sekedar memberi makan diri sendiri tidak wajib membayar zakat. 

Itulah beberapa syarat wajib seseorang membayar zakat. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankannya. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading