Sukses

Lifestyle

Tanda-Tanda Datangnya Malam Lailatul Qadar, Malam Istimewa di Bulan Ramadan

Fimela.com, Jakarta Bulan Ramadan menjadi bulan yang sangat istimewa. Di bulan ini, Allah memberikan pahala yang berlipat ganda kepada hambanya yang tulus dan ikhlas dalam beribadah. Bagi umat muslim, Ramadan juga menjadi bulan di mana ada satu malam yang sangat istimewa. Yakni malam Lailatul Qadar.

Apa Itu Malam Lailatul Qadar?

Malam Lailatul Qadar dikatakan sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. Setiap amal kebaikan yang dilakukan dengan penuh ketulusan serta keikhlasan, akan mendapat pahala yang berlipat ganda. 

Doa yang dipanjatkan di malam Lailatul Qadar juga berpotensi dikabulkan oleh Allah SET. Seseorang yang senantiasa memperbanyak ibadah di malam ini akan memperoleh keistimewaan tersendiri dalam dirinya.

Malam Lailatul Qadar menjadi malam yang sangat mulia. Dalam surat Al-Qadr, di dalam Al-Quran dijelaskan jika malam ini adalah malam yang penuh kemuliaan. "Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah dirimu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhan-Nya untuk mengatur segala urusan. Malam itu malam (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar." (QS. Al-Qadr, 1-5).

Tanda-Tanda Datangnya Malam Lailatul Qadar

Dari Ibnu Abbas, Rasulullah SAW bersabda tentang Lailatul Qadar, "Yaitu malam yang penuh kemudahan dan kebaikan, tidak begitu panas, juga tidak begitu dingin, pada pagi hari matahari bersinar tidak begitu cerah dan tampak kemerah-merahan." (Imam Al Baihaqi dalam Syu'abul Iman, 3693).

Pada malam yang penuh kemuliaan ini, umumnya ditandai dengan suasana malam yang tenang. Malaikat-malaikat yang turun ke bumi membawa kebaikan lantas memberikan suasana yang bersahabat dan membuat suasana malam tampak bercahaya meski tak ada sinar bulan atau cahaya lain yang menerangi. Orang-orang yang menemukan malam ini akan merasa sangat tenang, lebih khusyuk dalam beribadah dan bahagia. 

Dalam beberapa riwayat dijelaskan jika malam Lailatul Qadar umumnya terjadi pada satu malam di sepuluh malam terakhir bulan Ramadan. Malam yang paling utama adalah malam-malam ganjil atau malam 21, 23, 25, 27 dan 29 Ramadan.

"Carilah Lailatur Qadar pada tanggal-tanggal ganjil dari sepuluh hari akhir bulan Ramadan." (HR. Bukhari)

Marhaban ya Ramadan, selamat menjalankan ibadah puasa Ramadan dan semoga kita semua senantiasa dipertemukan dengan malam yang sangat istimewa, malam penuh kemuliaan dan ampunan yakni malam Lailatul Qadar. Semoga kita senantiasa menjadi umat beragama yang tulus serta ikhlas beribadah karenaNya. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading