Sukses

Lifestyle

Amalan Utama yang Sebaiknya Dilakukan Saat Malam Lailatul Qadar

Fimela.com, Jakarta Ramadan menjadi bulan yang sangat istimewa bagi umat Islam di seluruh dunia. Pada bulan ini, ada satu malam di malam Ramadan yang sangat diburu banyak orang. Setiap orang berharap bertemu dengan malam ini dan mendapatkan pahala yang berlipat ganda atas amal ibadah yang dilakukan selama ini. Malam tersebut adalah malam Lailatul Qadar. 

Secara etimologis, lailatul qadar terdiri dari dua kata, yakni lail atau lailah yang berarti malam hari, sedangkan qadar bermakna ukuran atau ketetapan. Ada juga yang mengatakan Lailatul Qadar adalah malam penetapan Allah bagi perjalanan hidup manusia. 

"Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Alquran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik daripada malam seribu bulan." (QS. al-Qadr: 1-3).

Tanda Datangnya Malam Lailatul Qadar

Sebagai malam yang sangat istimewa, malam Lailatul Qadar dirahasiakan kedatangannya. Meski begitu, beberapa pendapat mengatakan jika ada beberapa tanda yang menunjukkan bahwa malam tersebut telah datang. 

Dari Ibnu Abbas, Rasulullah SAW bersabda tentang Lailatul Qadar, "Yaitu malam yang penuh kemudahan dan kebaikan, tidak begitu panas, juga tidak begitu dingin, pada pagi hari matahari bersinar tidak begitu cerah dan tampak kemerah-merahan." (Imam Al Baihaqi dalam Syu'abul Iman, 3693).

Saat malam Lailatul Qadar datang, umat muslim sebaiknya memperbanyak amal ibadah dengan ikhlas.

Amalan Utama di Malam Lailatul Qadar

Sepertiga terakhir bulan Ramadan adalah waktu yang istimewa untuk mendapatkan malam lailatul qadar. Agar bisa mendapat kemuliaan malam seribu bulan ini ada sejumlah amalan yang bisa kita lakukan. Dengan menghidupkan malam-malam terakhir bulan Ramadan ini melalui berbagai amalan, peluang kita mendapatkan malam yang lebih baik daripada seribu bulan akan lebih besar.

Amalan yang bisa dilakukan mulai dari memperbanyak i’tikaf di masjid, memperbanyak doa dan dzikir, mendirikan shalat malam, bersedekah, membaca Al-Quran dan mamaknai artinya, bertaubat kepada Allah serta memastikan untuk selalu berbuat kebaikan, berkata baik juga berpikir baik. 

Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankannya. Semoga kita menjadi salah satu orang yang beruntung bertemu dengan malam Lailatul Qadar dan mendapat syafaat dari Allah SWT.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading