Sukses

Lifestyle

Unik! Destinasi Wisata Ini Tawarkan Pengalaman Menarik, Beri Imbalan pada Pengunjung

Fimela.com, Jakarta Kamu ingin mencari destinasi wisata untuk melepas penat? Namun, kamu ingin pergi ke daerah yang peduli dengan lingkungannya? Kamu bisa memasukkan negara Palau ke wishlist liburanmu!

Pasalnya, pada Rabu, 13 April 2022, Sektor pariwisata di Republik Palau mengumumkan model baru pariwisata yang berbeda. Program baru ini diinisiasi untuk mendukung pariwisata berkelanjutan. 

Model baru pariwisata tersebut adalah Ol’au Palau. Ol'au Palau merupakan model baru pariwisata yang  berkelanjutan. Model baru ini bertujuan untuk mengubah cara orang berinteraksi dengan lingkungan asli negara itu dan budaya lokal. Tempat ini bisa jadi rekomendasi tempat wisata yang unik!

Pandemi Menjadi Penggerak

Negara yang terletak di barat laut Pasifik memang dikenal dengan sektor pariwisatanya. Sebelum pandemi Covid-19 melanda, pariwisata menyumbang 85% dari Produk Domestik Bruto (PDB) Palau. 

Namun, ketika perjalanan internasional diblokir, negara ini dilanda pandemi tanpa ada pengunjung yang melakukan perjalanan ke pulau tersebut. Hal ini berlangsung selama hampir dua tahun. 

Oleh karenanya, Ol'au Palau bertujuan membantu negara tersebut bangkit kembali dari pandemi. Selain itu, inisiasi ini diharapkan mampu mengembalikan kejayaan sektor pariwisatanya secara berkelanjutan. 

Caranya, yakni dengan memberikan imbalan kepada para pengunjung atas perlindungan dan pelestarian Palau secara terukur selama mereka tinggal.

Beri Imbalan pada Pengunjung

Ol'au Palau diluncurkan sebagai tanggapan atas penelitian yang mengugkapkan mayoritas orang sadar terhadap kerusakan lingkungan. Sebesar 77% mengakui bahwa Covid-19 membuat mereka lebih menyadari betapa merusaknya perilaku mereka terhadap lingkungan. Dampaknya, sebesar 72% ingin melakukan perjalanan ke destinasi liburan yang berkelanjutan.

Dalam bahasa lokal, Palauan, “Ol'au” memiliki arti cara memanggil seorang teman untuk mengundang mereka ke tempatmu. Prinsip ini menjadi dasar inisiatif terbentuknya mekanisme unik di program ini. 

Nantinya, pengunjung dapat mengumpulkan poin untuk menunjukkan perilaku yang bertanggung jawab selama mereka berkunjung. Sebagai imbalannya, pengunjung dapat menggunakan poin-poin itu untuk membuka akses ke destinasi unik yang ditawarkan Palau. 

Contoh perilakunya seperti menghitung jejak karbon, menggunakan tabir surya yang aman bagi terumbu karang, hingga mendukung bisnis lokal. Sangat menarik, bukan? Tertarik berkunjung?

Penulis: Ersya Fadhila Damayanti

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading