Sukses

Lifestyle

5 Cara Redakan Rasa Sedih saat Dikecewakan Orang Terdekat

Fimela.com, Jakarta Dari semua orang, orang terdekat bisa menjadi orang yang paling "jahat" dalam hidup kita. Dalam arti, saat orang terdekat mengecewakan kita, ada perasaan tak karuan dan campur aduk yang kita rasakan. Kita merasa kesal dan marah, tetapi biasanya yang paling dominan adalah rasa sedih.

Meredakan rasa sedih saat dikecewakan orang terdekat butuh waktu dan proses sendiri. Prosesnya pun bisa sangat personal dan berbeda-beda pada tiap orang. Bagi yang saat ini sedang merasakan kesedihan mendalam karena dikecewakan orang terdekat, ada beberap hal sederhana yang bisa dicoba untuk meredakan rasa sedih yang ada.

 

1. Atur Ulang Ekspektasi Diri

Melansir laman Psychology Today, menurunkan ekspektasi kita bisa mencegah kekecewaan berulang. Kadang kita sedih karena ada ekspektasi yang tak terpenuhi. Kita sudah berbuat baik dan memberikan cinta yang tulus pada seseorang, tapi ternyata dia tak pernah menganggap kita ada. Dari situ, ada rasa sedih yang dalam karena merasa dikecewakan. Supaya tidak terlalu sedih, kita perlu mengatur ulang ekspektasi untuk tidak berharap berlebihan pada orang lain.

2. Maafkan Semuanya dan Diri Sendiri

Ketika dikecewakan oleh orang terdekat, ada kecenderungan kita akan menyalahkan diri sendiri. Menyalahkan diri sendiri karena merasa tidak cukup baik untuk memenuhi keinginan atau kebutuhan orang yang paling kita perhatikan. Namun, makin kita menyalahkan diri makin dalam kesedihan yang kita rasakan. Coba untuk memaafkan semuanya, termasuk diri sendiri.

3. Tingkatkan Kenyamanan Diri

Kalau menangis bisa bantu ringankan perasaan, maka lakukan saja. Kalau melakukan olahraga atau aktivitas fisik bantu hadirkan perasaa lega, lakukan saja. Saat merasa sedih ketika dikecewaka orang lain, kita perlu kembali fokus pada diri sendiri. Lakukan hal-hal yang bisa bantu menghadirkan kenyamaan diri sendiri selama beberapa waktu.

 

4. Membuat Batasan Secukupnya

Bukan berarti harus membenci orang yang telah mengecewakan kita. Namun, ada kalanya kita perlu membuat batasan. Berkomunikasi seperlunya tapi tidak terlibat interaksi yang terlalu dalam. Atau setidaknya buat batasan tidak perlu memasukkan semua perkataan dan caranya dalam bersikap ke dalam perasaan kita.

5. Terhubung dengan Orang yang Menghargai Kita Apa Adanya

Tidak semua orang yang bisa bersikap sesuai dengan keinginan kita. Walau dikecewakan oleh orang terdekat, bukan berarti kita akan mengecewakan orang lain. Tetaplah terhubung dengan orang-orang baik dan mereka yang menghargai kita apa adanya.

Semoga rasa sedih, kecewa, dan marah yang kamu rasakan bisa segera reda, ya. Tetaplah jadi orang baik karena menjadi orang baik tidak akan membuat kita menyesali apa pun.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading