Sukses

Lifestyle

Nuzulul Quran, Keutamaan dan Amalan yang Sebaiknya Ditingkatkan

Fimela.com, Jakarta Nuzulul Quran merupakan hari yang penting bagi umat islam di seluruh dunia. Nuzulul quran merupakan malam turunnya Al-Quran atau lebih dikenal dengan proses turunnya ayat Alquran dalam menyempurnakan ajaran Islam sebagai petunjuk umat manusia. 

Dalam Al-Quran dijelaskan, "Bulan Ramadan, bulan yang di padanya diturunkan (permulaan) Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara hal dan yang batil)." (QS. Al-Baqarah : 185).

Peringatan Nuzulul Quran jatuh setiap tanggal 17 Ramadan. Pada Ramadan 1443 H kali ini, Nuzulul Quran diperingati pada Senin, 18 April 2022 atau lebih tepatnya besok. Ada banyak cara untuk memperingati hari penting ini mulai dari mengkhatamkan Al-Quran, memperbanyak amal ibadah baik dan bersedekah. Nuzulul Quran juga memiliki banyak keutamaan sehingga orang-orang berlomba dalam berbuat kebaikan di hari ini pun hari–hari lain di Bulan Ramadan.

Keutamaan Nuzulul Quran

Nuzulul Quran memiliki banyak keutamaan. Beberapa keutamaan tersebut di antaranya adalah peristiwa turunnya Al-Quran sehingga menjadikannya sebagai momen yang sangat istimewa. Di malam ini malaikat turun dari langit. Turunnya malaikat dari langit menandakan bahwa ini hari yang sangat penuh berkah. 

Malam nuzulul quran juga menjadi malam yang tenang dan penuh ampunan. Allah akan senantiasa memberikan ampunan pada hamba-hambaNya yang sungguh-sungguh dalam bertaubat serta memohon ampun padanya. Siapa saja yang beribadah dengan tulus ikhlas karena Allah di malam ini, Allah akan memberikan pahala yang berlipat ganda dan memberikan banyak kemudahan dalam hidupnya.

Amalan yang Sebaiknya Ditingkatkan Saat Nuzulul Quran

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperingati malam Nuzulul Quran. Rasulullah SAW menganjurkan agar umat muslim memperbanyak membaca Al-Quran dan mengkaji maknanya, memperbanyak dzikir dan ibadah kepada Allah SWT.

Diriwayatkan dalam Hadis Bukhari, "Dahulu malaikat Jibril senantiasa menjumpai Rasulullah pada setiap malam Ramadan, dan selanjutnya ia membaca Al-Quran bersamanya." (HR. Bukhari). 

Di malam Nuzulul Quran umat muslim juga dianjurkan untuk memperbanyak i’tikaf di masjid, mendirikan shalat malam, memperbanyak shalawat dan dzikir serta memperbanyak membaca doa Nuzulul Quran.

Doa Nuzulul Quran

Berikut doa yang sebaiknya diperbanyak saat Nuzulul Quran.

"Allaahumma nawwir quluubanaa bi tilaawatil qur aan, wa zayyin akhlaa qonaa bijaahil qur'an, wa hassin a’maalanaa bi dzikril qur aan, wa najjinaa minan naari bi karoo matil qur aan, wa adkhilnal jannata bi syafaa’til quraan.”

Artinya: "Ya Allah sinari hati kami sebab membaca Alquran, hiasi akhlak kami dengan kemuliaan Alquran, baguskanlah amalan kami karena berzikir lewat Alquran, selamatkanlah kami dari api neraka karena kemuliaan Alquran, masukkanlah kami ke dalam surga dengan syafa’at Alquran."

Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat menyambut datangnya Nuzulul Quran. Selamat menjalankan ibadah puasa bagi umat muslim di manapun kamu berada. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading