Sukses

Lifestyle

5 Cara Hidup Lebih Bahagia tanpa Mencampuri Urusan Orang Lain

Fimela.com, Jakarta Kita memang tidak hidup sendirian saja di dunia ini. Kita masih perlu berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain. Hanya saja kita tak perlu harus selalu mencampuri urusan orang lain yang tak memberi kita hak untuk sok mengatur segalanya. 

Kita bisa hidup lebih bahagia tanpa harus selalu mencampuri urusan orang lain. Tahu batasan dan bisa lebih fokus menjalani hidup sendiri dapat membuat hati kita lebih tenang. Ada beberapa hal sederhana yang bisa dilakukan agar hidup bisa lebih bahagia tanpa sibuk mengurusi perkara dan persoalan orang lain.

 

1. Fokus Syukuri yang Sudah Dimiliki

Melansir laman Forbes dalam artikel "How to be Happy", bersyukur adalah fokus pada yang kita punya dan bukan pada yang tidak kita punya. Bersyukur adalah merayakan kehidupan kita dan berterima kasih atas kegembiraan yang kita alami. Daripada membuang-buang waktu melongok dan mencampuri urusan orang lain, ada baiknya fokus mensyukuri semua yang sudah kita punya untuk bisa lebih bahagia.

2. Membuat Target Sendiri

Buat target sendiri sesuai dengan kebutuhan dan prioritas hiup. Dengan adanya target ini, kita bisa lebih bersemangat dan termotivasi melakukan hal-hal yang bisa membawa kita mencapai target tersebut. Kesibukan kita pun bakal makin produktif karena ada hal yang senantiasa perlu kita asah dan kembangkan.

 

3. Gunakan Waktu dan Energi untuk Kelebihan Diri

Maksudnya adalah optimalkan waktu dan energi kita untuk mengasah dan mengembangkan kelebihan diri kita. Kita memang punya kekurangan atau kelemahan, tapi itu tak perlu membuat kita merasa rendah diri. Ada baiknya senantiasa perbaiki kekurangan yang ada dan terus optimalkan kelebihan yang dipunya.

4. Buat Batasan

Kalau kita masih sulit untuk mengendalikan diri, maka kita perlu tegas membuat batasan. Misalnya, tiap kali melihat media sosial kita selalu saja mengomentari hal-hal yang kita lihat dan sok memberi nasihat di kehidupan orang lain. Maka, di sini kita mungkin perlu melakukan detoks medsos untuk beberapa waktu. Setidaknya dengan cara ini kita bisa lebih baik mengontrol diri dan tidak membuang-buang waktu lagi.

 

5. Jadilah Pribadi yang Berdaya

Bisa dengan berusaha memiliki penghasilan sendiri atau mencukupi kebutuhan sendiri. Setidaknya kita bisa mencoba untuk lebih mandiri dan berdaya dalam menjalani hidup. Menjadi pribadi yang berdaya akan membuat kita lebih percaya diri dan harga diri bisa meningkat. Sehingga, kita tidak lagi sibuk mencampuri urusan orang lain yang tak perlu.

Jadi, bagaimana? Sudah siap untuk menjalani hidup yang lebih baik dan berkualitas lagi?

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading