Sukses

Lifestyle

Peringati Hari Bumi dengan Belajar Pilah Sampah di Lingkungan Ibukota

Fimela.com, Jakarta Hari Bumi menjadi momen yang tepat untuk merefleksikan kembali langkah apa yang telah kita lakukan untuk menyelamatkan bumi. Sampah dengan berbagai jenis menjadi salah satu fokus yang perlu ditanggulangi.

Sebagai langkah awal, diperlukan membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya memilah sampah. PT Frisian Flag Indonesia (FFI) menggandeng Kelurahan Gedong, Kelurahan Ciracas & Suku Dinas Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Timur dalam program pemilahan sampah di lingkup RW. Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman oleh perwakilan Manajemen FFI, Lurah setempat serta Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Timur di Jakarta, Rabu, 20 April 2022.

Corporate Affairs Director FFI Andrew F. Saputro memaparkan, melalui program ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kesadaran warga terkait pemilahan sampah di lingkungan masing-masing. Kedepannya juga diharapkan dapat mengurangi volume sampah yang berujung di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bantargebang.

 

Program memilah sampah

“FFI sebagai salah satu produsen produk bergizi berbasis susu yang telah hadir selama 100 tahun bersama keluarga Indonesia mengucapkan terima kasih kepada tim Kelurahan Gedong & Ciracas, serta tim Suku Dinas Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Timur atas kolaborasi yang baik ini. Program ini juga merupakan bentuk komitmen FFI dalam upaya mengimplementasikan Peraturan Gubernur No.77 tahun 2020 terkait pengelolaan sampah di lingkungan RW serta Peraturan Menteri LHK No. 75 tahun 2019 tentang peta jalan pengurangan sampah,” papar Andrew.

Melalui program ini, warga nantinya akan diberikan edukasi mengenai pemilahan sampah beserta jenisnya. Sampah rumah tangga terkumpul nantinya akan dikirim ke Bank Sampah setempat untuk dilakukan pemilahan lebih lanjut berdasarkan jenis dan nilai ekonomisnya untuk diolah kembali.

Tidak hanya itu, warga juga berkesempatan untuk mengumpulkan sampah bekas kemasan produk FFI yang dapat disalurkan ke tempat penampungan khusus di Bank Sampah setempat. Nantinya, setiap warga yang mengumpulkan sampah bekas kemasan FFI akan mendapat poin yang dapat ditukarkan dengan merchandise menarik.

What's On Fimela
Loading