Sukses

Lifestyle

4 Penyebab Tembok Rumah Berjamur yang Dapat Memicu Penyakit

Fimela.com, Jakarta Saat tembok rumah sudah berdiri kokoh dalam waktu yang panjang, umumnya tembok akan mulai retak atau berjamur. Apalagi jika suhu rumah sangat lembap. 

Tembok yang berjamur sebaiknya tidak kamu sepelekan karena dapat menimbulkan dampak negatif bagi penghuninya, termasuk kesehatan. Bagaimana tidak, tembok tersebut bisa mengandung bakteri berbahaya yaitu E.coli dan dapat menyebabkan timbulnya penyakit.

Sejumlah penyakit seperti diare, pneumonia serta infeksi saluran kemih mudah menyerang penghuni rumah jika tembok dibiarkan berjamur. Lalu, apa saja yang menyebabkan tembok berjamur?

Untuk kamu yang penasaran, berikut Fimela.com kali ini akan mengulas 4 penyebab tembok rumah berjamur yang dapat memicu penyakit. Dilansir dari beragam sumber, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

1. Suhu Rumah yang Lembap

Penyebab utama tembok rumahberjamur ialah karena suhu ruangan di rumah terlalu lembap. Kondisi ini bisa dipicu karena masalah ventilasi rumah yang kurang baik sehingga sirkulasi udara menajdi buruk. 

Bagaimana cara mengatasinya? Lakukan tindakan pencegahan dengan membuka jendela, membersihkan bagian belakang mesin cuci secara teratur, dan membangun ventilasi udara yang baik di rumah. Jika sirkulasi udara baik, maka suhu rumah tidak akan lembap dan tembok pun tidak mudah berjamur. 

2. Adanya Kebocoran Air

Berikutnya, selain suhu yang lembap, faktor lainnya yang menyebabkan tembok rumah berjamur ialah karena ada kebocoran air. Pipa yang bocor dapat meneteskan air dan masuk ke rangka rumah setiap kali saluran air digunakan.

Hasilnya, terjadi lagi penumpukan kelembapan dalam beberapa waktu dan bisa memunculkan jamur pada dinding. Oleh karena itu, sebaiknya kamu memastikan telah memilih pipa yang baik agar tidak bocor dan memeriksanya secara berkala. 

3. Atap yang Mengalami Kebocoran

Selain pipa yang bocor, atau yang bocor juga dapat memicu tembok rumah berjamur. Umumnya, kondisi cuaca yang buruk bisa membuat penumpukan jamur di rumah.

Jika tidak segera ditangani, kebocoran ini bisa menyebabkan penumpukan kelembapan pada langit-langit rumah yang memicu tumbuhnya jamur di dinding. Lalu, bagaimana cara mencegahnya?

Langkah terbaik yang bisa kamu lakukan adalah membangun atap dengan bahan yang baik dan bisa tahan pada cuaca buruk sekalipun.

4. Rumah Terendam Banjir

Penyebab terakhir yang bisa menyebabkan tembok berjamur ialah karena rumah pernah terendam banjir. Pasalnya, rumah yang banjir akan membutuhkan waktu yang cukup lama agar benar-benar kering. Bahkan, berminggu-minggu bisa dihabiskan dan rumah tak kunjung kering pasca banjir.

Kondisi rumah yang masih basah akhirnya memicu kelembapan pada tembok dan lantai rumah yang menjadi tempat ideal bagi pertumbuhan jamur. Terlebih lagi, jamur yang tumbuh mungkin membawa racun berbahaya, yaitu Stachybotrys Chartarum.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading