Sukses

Lifestyle

Ada Peningkatan Tren Belanja Online Jelang Lebaran 2022, Tokopedia Gencar Edukasi UMKM untuk Mempersiapkan Diri

Fimela.com, Jakarta Apa kamu termasuk kelompok yang jadi rajin belanja online sejak memasuki masa pandemi, Sahabat FIMELA? Jika iya, kamu tidak sendirian.

Menurut laporan Tokopedia, makanan dan minuman, kesehatan, rumah tangga, elektronik, dan perawatan diri menjadi kategori paling laris selama periode kampanye Tokopedia Ramadan Ekstra. Data ini diperoleh dalam periode tanggal 25 Maret sampai dengan 20 April 2022, dibandingkan dengan periode tanggal yang sama di tahun sebelumnya.

Bingkisan Ramadan dan Lebaran berisi cokelat, kue kering, dan diffuser pengharum ruangan menjadi produk yang paling banyak dicari di Tokopedia. Selain itu, ada peningkatan transaksi yang paling tinggi jelang Lebaran 2022 ini di kategori makanan dan minuman, fashion, perawatan diri, dan kecantikan, dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya, yaitu tanggal 11 hingga 20 April 2022.

 

 

Tokopedia membuat berbagai inisiatif untuk UMKM dengan adanya peningkatan tren belanja online jelang Lebaran

Di kategori makanan dan minuman, produk yang paling banyak dicari adalah makanan dan minuman siap dikonsumsi, teh, dan hampers buah. Sedangkan di kategori fashion, produk seperti baju ihram, jilbab anak, dan jaket batik perempuan menjadi yang paling laris.

Di kategori perawatan diri, parfum untuk perempuan, parfum khusus rambut, dan sunblock untuk tubuh adalah beberapa produk paling laris. Sedangkan di kategori kecantikan, ada produk maskara, sunblock untuk wajah, dan bedak wajah yang paling banyak dicari di Tokopedia.

Selain Tokopedia Ramadan Ekstra yang masih akan berlangsung sampai tanggal 30 April 2022 mendatang, ada juga Tokopedia NOW! yang merupakan layanan 24 jam 7 hari untuk memungkinkan masyarakat tetap mendapatkan produk kebutuhan harian mereka dalam waktu maksimal 2 jam pengiriman setelah pembayaran. Tidak berhenti di situ, Tokopedia juga menggencarkan inisiatif Hyperlocal untuk mendekatkan pembeli dengan penjual, misalnya lewat kampanye Kumpulan Toko Pilihan.

Tokopedia membuat berbagai inisiatif untuk UMKM dengan adanya peningkatan tren belanja online jelang Lebaran

Ada juga kampanye Ramadan in Style yang menggandeng UMKM lokal di industri fashion, termasuk fashion muslim. Lalu, masih ada kampanye Parsel Ramadan yang menghadirkan ribuan pilihan bingkisan atau hantaran dengan harga mulai dari Rp50.000an.

Berbagai deretan inisiatif, khususnya untuk UMKM lokal di seluruh Indonesia ini juga didukung oleh materi edukasi #SIAPRAMADAN2022 yang dibuat oleh Tokopedia sendiri guna memaksimalkan penjualan UMKM lewat Pusat Edukasi Seller. Bagaimana pengalamanmu dalam belanja online, Sahabat FIMELA?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading