Sukses

Lifestyle

7 Kiat Sukses Kembali Semangat Bekerja Setelah Libur Panjang Lebaran

Fimela.com, Jakarta Setelah kurang lebih seminggu libur hingga cuti Lebaran. Hari ini, Senin (9/5/2022) kembali kenyataan untuk kembali beraktivitas salah satunya bekerja. 

Tentu dihari pertama masuk kerja ada rasa malas atau tidak semangat. Pikiran dan perasaan masih ingin berlibur. Lalu bagaimana cara kembali semangat bekerja setelah libur Lebaran

Menurut POPSUGAR, selama beberapa hari pertama kembali ke kantor, yang terbaik adalah melihat kembali tugas-tugas lama dan mengejar apa yang telah dilewatkan. Untuk menghindari perasaan kewalahan, selesaikan tugas baru di kemudian hari ketika merasa sedikit lebih siap. 

Jika mudah merasa lelah secara mental dari tumpukan pekerjaan, baiknya luangkan waktu untuk merapihkan satu hal pada satu waktu, dan menjadwalkan diri untuk istirahat.

Dengan begitu, sahabat Fimela perlahan-lahan kembali ke rutinitas kerja lebih cepat dari yang dirimu kira. Selain itu, berikut beberapa langkah yang bisa diikuti ketika kembali bekerja, melansir Bustle.

1. Kembali Satu Hari Lebih Awal

Meskipun mungkin ingin hari ekstra untuk liburan, mungkin ide yang lebih baik untuk kembali satu hari lebih awal dari liburanmu untuk mempersiapkan segala halnya.

Menurut Fast Company, penulis I Know How She Does It: Bagaimana Wanita Sukses Memanfaatkan Waktu Mereka, Laura Vanderkam berkata, "Jika dirimu pergi selama seminggu, ada banyak hal yang bisa dikatakan untuk  kembali Sabtu bukannya Minggu. Kalian tidak hanya mendapat kesempatan untuk membongkar barang, mengejar cucian, dan tidur tanpa jet-lag, dirimu juga dapat melakukan beberapa jam kerja pada Minggu malam."

2. Jangan Mencoba Menyelesaikan Pekerjaan Sekaligus

Wensel mengatakan tentu, akan ada banyak hal yang harus dilakukan, tetapi tidak akan dapat melakukan semuanya di hari pertama. Petakan satu atau dua hal yang harus diselesaikan setiap hari dan akan merasa jauh lebih baik daripada  mencoba mencapai semuanya pada hari pertama.

“Daripada merasa kewalahan dengan beban kerja, ambil satu langkah pada satu waktu dengan tugasmu.  Juga, pastikan untuk menjadwalkan pertemuan di hari kedua berada di kantor, sehingga tidak menjadi gila, menangis, dan kemudian melarikan diri dari semua tanggung jawab,” paparnya.

3. Lanjutkan Rutinitas

Mungkin sulit untuk kembali ke rutinitas ketika pertama kali kembali bekerja.  Setelah sekitar satu hari, ritme kerja alami dapat kembali ke tempatnya dan dapat mulai merasa produktif lagi.

 “Merasa produktif adalah tentang kembali ke alur. Nikmati kopi pagi dan nikmati makan siang jauh dari mejamu. Hal-hal sederhana ini akan membantu membuat transisi kembali jauh lebih menyenangkan," kata Wensel.

4. Bersihkan & Prioritaskan Kotak Masuk Emailmu

Meskipun ingin mencoba menjawab semua email, namun baiknya temukan sistem untuk menjawab yang paling penting terlebih dahulu dan kemudian kembali ke yang lain nanti.  

"Tahan keinginan untuk membaca dan menanggapi. Mulailah dengan email yang dikirim tepat setelah pergi berlibur dan akhiri dengan yang paling baru diterima. Dengan begitu akan melacak  tanggapan atau pembaruan untuk topik atau masalah yang mungkin telah diselesaikan saat pergi," kata Wensel.

5. Buat Daftar Tugas

Wensel mengatakan ini adalah hal-hal perlu diselesaikan ketika kembali. Saat membuat daftar, hal-hal yang mungkin muncul harus dilakukan sebelum kembali. Identifikasi ini dan mintalah bantuan dari rekan tim atau manajer.'

“Jika benar-benar ingin menjadi orang yang berprestasi, cobalah membuat daftar tugas sehari sebelum berangkat ke kantor.  Itu dapat mengatur pikiran dan membuat merasa lebih siap ketika pergi bekerja,” katanya.

6. Jadwalkan Waktu Kontingensi Dalam Jadwal

Jangan merasa bersalah jika ingin sedikit istirahat sesekali.  Biarkan pikiran menyesuaikan kembali dengan kenyataan menjadwalkan beberapa istirahat di kalender sehingga tidak ada yang mengganggumu.  

“Pastikan untuk menjadwalkan waktu darurat dalam jadwal untuk bertindak sebagai penyangga untuk hal-hal yang tidak terduga pada minggu pertama yang lalu juga," kata pelatih karir & bisnis Rachel Ritlop dalam sebuah wawancara dengan Bustle melalui email.

7. Rangkullah The Post-Vacation Blues

Kalian baru saja menikmati liburan yang menyenangkan, dan kembali ke kantor dengan perasaan segar, duduk dengan secangkir kopi untuk memeriksa email.Tiba-tiba kesedihan muncul teringat liburan yang menyenangkan dan ingin kembali. 

Baiknya, rencanakan kembali  sedikit perawatan diri ekstra pada hari pertama kerja. Baik itu membawa lilin yang berbau seperti liburan atau menjadwalkan pijat untuk akhir minggu.

Meskipun wajar untuk merasa sedih karena liburan telah berakhir, penting untuk diingat bahwa selalu ada liburan lain di masa depan.

#women for women

What's On Fimela
Loading