Sukses

Lifestyle

5 Faktor Penyebab Kegagalan pada Bisnis Kecil yang Perlu Diperhatikan

Fimela.com, Jakarta Selama pandemi berlangsung, banyak orang mulai melirik bisnis kecil untuk mendapatkan keuntungan di tengah pertumbuhan ekonomi yang tidak menentu. Apalagi untuk anak muda, memulai bisnis kecil bisa menjadi ambisi dan capaian tersendiri. 

Meskipun skalanya kecil, bisnis tetaplah bisnis yang perlu dikelola dengan baik. Dengan begitu, bisnis kecil yang kamu jalankan berpotensi untuk menjadi besar sehingga bisa membuka lapangan kerja bagi masyarakat. 

Untuk itu, kamu perlu tahu faktor apa saja yang perlu kamu perhatikan dalam memulai bisnis kecil. Sebab, jika kamu abai, maka faktor-faktor itu dapat menghambat bahkan menggagalkan usaha yang sedang kamu lakukan. 

Berikut Fimela.com kali ini akan mengulas 5 faktor penyebab kegagalan pada bisnis kecil yang perlu diperhatikan. Dilansir dari Liputan6.com, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

1. Tidak Memahami Kondisi Pasar

Bisnis bukan hanya tentang apa yang kamu sukai, tetapi apa yang diinginkan atau dibutuhkan oleh konsumen. Maka dari itu, untuk memulai bisnis kecil, kamu harus bisa membaca situasi dan kondisi pasar. 

Seseorang yang terjun dalam dunia bisnis, perlu jeli dalam melihat peluang. Jika tidak, maka produk atau jasa yang kamu hadirkan tidak akan diminati oleh konsumen. 

2. Perencanaan dan Pemetaan Bisnis yang Buruk

Bisnis juga soal strategi, maka dari itu perlu direncanakan dan dipetakan dengan matang. Sebagai seorang wirausahawan kamu harus mampu membuat perencaan bisnis, hal ini nantinya akan berguna untuk memprediksi untung rugi maupun pengembangan bisnis kedepannya. 

Dalam hal ini, seorang pebisnis dituntut untuk berpikir visioner. Jadikan bisnis kecil ini sebagai arena awal untuk kamu belajar menetapkan rencana dan strategi yang baik. 

3. Tersendat Masalah Finansial

Tidak dipungkiri memang untuk memulai sebuah bisnis, meskipun skalanya kecil atau belum besar, tetap membutuhkan modal atau dana. Masalah finansial bisa mempengaruhi produksi maupun laju bisnis secara keseluruhan.

Maka dari itu, sebagai pengusaha kamu perlu mempertimbangakn dengan matang penggunaan dana yang dibutuhkan. Banyak para pemula bisnis yang mengandalkan pinjaman atau donatur untuk dijadikan modal awal usaha. 

4. Tidak Memiliki Tim yang Solid

Bisnis yang berkembang membutuhkan kerjasama tim yang solid. Oleh karena itu, kamu perlu mempertimbangkan secara matang saat menentukan siapa saja orang yang ada dalam tim bisnismu. Jika kamu salah mempekerjakan orang, maka pengelolaan bisnismu bisa jadi kurang maksimal atau bahkan bermasalah. 

5. Strategi Pemasaran yang Tidak Efektif

Terakhir, faktor lainnya yang juga tidak kalah penting dalam membangun bisnis kecil ialah strategi pemasaran yang efektif. Ini soal bagaimana kamu mengatur siasat untuk memperkenalkan dan memasarkan produk atau jasa yang kamu tawarkan kepada konsumen. Jika kamu memiliki strategi pemasaran yang terukur dan dibuat berdasarkan data, maka produk atau jasa yang kamu tawarkan pastinya akan mudah menarik minat konsumen. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading