Sukses

Lifestyle

Mengajarkan Anak Mengelola THR Sejak Dini, Harus Mulai dari Mana Ya?

Fimela.com, Jakarta Setelah merasakan gegap gempitanya Lebaran yang lalu, sensasi yang masih terasa bagi anak-anak mungkin amplop berisi THR yang masih menumpuk di sudut kamarnya. Tradisi bagi-bagi angpao THR untuk anak kecil memang masih terus berlangsung hingga sekarang. Namun, mau digunakan untuk apa sih uang THR anak tercinta?

Sekarang sudah nggak zamannya uang THR anak dititipkan ke orang tua seperti meme-meme yang banyak beredar. Lebih baik mulai dampingi anak agar bisa mengatur dana THR-nya sendiri, yuk! Ini beberapa tips yang bisa dilakukan.

Berikan Makna tentang Uang THR yang Diterima

Tiba-tiba mendapatkan uang THR yang jumlahnya cukup banyak jelas membuat anak merasa gembira. Nggak jarang mereka langsung punya keinginan untuk membeli berbagai macam mainan atau barang yang diinginkan. Nah, di sinilah pentingnya edukasi tentang makna uang THR untuk anak.

Orang tua bisa menanamkan bahwa uang THR yang diberikan bukan untuk dihabiskan sesuka hati, tapi untuk membeli sesuatu yang memang dibutuhkan. Dengan begitu, kamu bisa memberikan pelajaran finansial sederhana pada anak untuk memprioritaskan kebutuhan, bukan keinginan.

Ajarkan Anak Membuat Catatan Keuangan Sederhana

Selanjutnya, mulailah untuk mengajak anak membuat catatan keuangan sederhana. Ajari mereka untuk mencatat berapa total pemasukan yang diterima dari THR tersebut. Selanjutnya, bimbing ia agar disiplin mencatat setiap pengeluaran sekecil apapun.

Kebiasaan sederhana ini merupakan kunci dasar dari pengaturan finansial yang penting hingga dewasa nanti. Hal ini juga memberikan pelajaran tersendiri, bahwa seharusnya pengeluaran harusnya sama dengan atau nggak lebih banyak jika dibandingkan penghasilan.

Tanamkan Kebiasaan Menabung

Tips lain yang bisa dilakukan untuk mengajarkan anak mengelola THR adalah dengan menanamkan kebiasaan menabung. Ajari ia untuk membagi uang THR Lebaran untuk ditabung.

Mengajarkan kebiasaan menabung sejak kecil merupakan salah satu tips finansial yang penting untuk anak-anak. Supaya mereka lebih semangat, kamu bisa membuatkan rekening tabungan tersendiri dan ajak anak memantau saldo tabungannya secara berkala.

Sering Berbagi Soal Tips Finansial Sederhana

Biarkan anak membuat rencana-rencana sendiri tentang uang mereka. Tapi, jelas harus diskusikan dulu bersama untuk memandu anak tentang mana yang bisa dilakukan dan mana yang sebaiknya ditunda dulu. Dengan begitu, mereka akan lebih bertanggung jawab dengan uang yang dimiliki.

Orang tua juga sebaiknya terus membuka diri membagikan berbagai tips finansial sederhana kepada anak. Hal ini penting untuk membentuk perspektif dan wawasan tentang penggunaan uang yang lebih bertanggung jawab dan mencegah perilaku konsumtif.

Jika diajarkan sejak dini dan dibimbing oleh orang tua, anak-anak juga bisa mengelola uang THR sendiri. Hal ini pun menjadi bekal mereka di masa depan agar bisa melakukan pengaturan keuangan yang baik dan bertanggung jawab.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading