Sukses

Lifestyle

Kim Jong-un Tampil Pakai Masker untuk Pertama Kali, Perintahkan Korea Utara Lockdown karena Kemunculan Covid-19

Fimela.com, Jakarta Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un muncul mengenakan masker wajah untuk pertama kalinya di televisi pemerintah pada pertemuan yang membahas mengenai Covid-19. Meski dia melepas maskernya saat akan mulai berbicara.

Sebelumnya, dia tidak pernah mengenakan masker saat hadir dalam pertemuan seperti itu. Selain Kim Jong-un, para pejabat pemerintah Korea Utara lainnya juga tampak mengenakan masker.

Penampilan Kim Jong-un yang tampil perdana pakai masker ini menunjukkan situasi genting. Pasalnya, media pemerintah KCNA melaporkan kasus pertama Covid-19 di Korea Utara pada Kamis, (12/5).

Dilaporkan kasus pertama varian Omicron ditemukan di Pyongyang empat hari lalu. KCNA mengatakan Kim Jong-un telah berjanji memberantas wabah ini yang disebutnya sebagai “darurat nasional yang serius” setelah lebih dari tiga tahun mengklaim berhasil mencegah kemunculan Covid-19.

Pemerintah Korea Utara mengumumkan akan menerapkan sistem pengendalian “darurat maksimum”. Kim Jong-un juga telah memerintahkan lockdown termasuk pembatasan berkumpul di tempat kerja.

“(Korea Utara) pastinya melewati situasi terkini yang mendadak,” ujar Kim Jong-un, dikutip dari Yonhap, (12/5).

Klaim Berhasil Mencegah Covid-19

Selama tiga tahun terakhir, Korea Utara mengklaim berhasil mencegah kemunculan Covid-19. Menurut laporan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Korea Utara pada akhir 2020 telah melakukan 13.259 tes Covid-19 dan semuanya negatif.

Sejauh ini Korea Utara juga menolak program vaksinasi, bahkan ketika ditawari  persediaan vaksin oleh negara-negara lain, demikian laporan BBC International.

Untuk mencegah penularan, Korea Utara menutup perbatasan pada Januari 2020 yang menjadikannya sebagai salah satu negara pertama yang menutup pintu perbatasan bagi perjalanan asing.

Namun hal ini mengakibatkan terhentinya pengiriman barang-barang kebutuhan ke negara itu yang berimbas pada terhambatnya roda perekonomian.  

China dan Korsel Tawarkan Bantuan

Setelah konfirmasi kasus pertama Covid-19 di Korea Utara, China menawarkan bantuan kepada Pyongyang. Juru bicara Luar Negeri China, Zhao Lijian telah mengatakan siap memberikan bantuan kepada “komerad, tetangga dan kawan”.

“Kami prihatin dengan situasi yang dihadapi Korea Utara saat ini. Sebagai komerad, tetangga dan kawan, China siap memberikan dukungan penuh dan bantuan kepada Korea Utara dalam upaya melawan epidemi,” ujar Zhao Lijian.

Selain China, negara tetangga Korea Selatan juga kembali menawarkan bantuan kemanusiaan. Namun, Pyongyang belum memberikan tanggapan atas tawaran bantuan dari China dan Korsel tersebut.

#Women for Women

Loading