Sukses

Lifestyle

5 Cara Mengatasi Rasa Malas tanpa Merasa Tertekan

Fimela.com, Jakarta Saat rasa malas menghampiri, rasanya sungguh tidak nyaman. Tidak ingin melakukan apa pun tapi ingin segalanya sudah beres dan selesai dengan baik. Tidak ingin bergerak tapi ingin semuanya sudah tertata rapi secara otomatis.

Bagaimanapun, rasa malas jangan dibiarkan terlalu lama. Kita perlu bisa mengatasinya agar bisa menjalani hari dengan lebih baik dan produktif lagi. Bahkan ada sejumlah cara sederhana yang bisa dicoba untuk atasi rasa malas.

 

1. Buat Target yang Lebih Realistis

Yang membuat kita malas melakukan sesuatu biasanya karena kita sudah stres duluan dengan besarnya atau sulitnya hal yang harus kita lakukan. Padahal hal tersebut tetap perlu diselesaikan. Agar tidak terus menerus merasa malas, kita bisa membuat target tersebut jadi lebih realistis dengan membaginya dalam target-target kecil untuk dicapai dalam interval waktu yang lebih singkat.

2. Berani Melakukan Kesalahan

Maksudnya adalah tak harus menuntut segalanya langsung sempurna dan beres dalam sekali coba. Tak harus menjadi perfeksionisme dalam segala hal. Kadang kita makin malas melakukan sesuatu karena kita ingin situasi atau kondisinya sempurna lebih dulu. Padahal yang perlu kita lakukan adalah mengambil langkah pertama atau bergerak lebih dulu.

 

3. Jauhkan Diri dari Gangguan

Mau mengerjakan sebuah tugas sampai selesai, jauhkan diri dari media sosial lebih dulu. Ingin segera merapikan kamar, jauhkan ponsel untuk sementara waktu. Jauhkan diri dari berbagai macam gangguan agar bisa fokus melakukan hal yang semestinya segera dikerjakan dan dibereskan.

4. Ucapkan Hal Positif pada Diri Sendiri

Daripada mengatakan, "Aku tak mungkin menyelesaikan ini," mending ucapkan, "Aku akan berusaha semampuaku untuk mengerjakan ini." Intinya, jangan makin menenggelamkan diri dalam kata-kata negatif. Ucapkan hal positif pada diri sendiri agar bisa segera tergerak dan bergerak untuk menyelesaikan sesuatu.

 

 

5. Beri Hadiah pada Diri Sendiri

Buat rencana soal "hadiah" atau imbalan apa yang akan kita dapatkan setelah menyelesaikan sesuatu. Sehingga ada semangat atau motivasi yang menggerakkan kita untuk segera bergerak. Rasa malas pun akan tergantikan dengan semangat baru dan suasana hati yang lebih baik.

Jadi, apa masih mau bermalas-malasan saja? Semoga rasa malas bisa segera tergantikan dengan semangat dan motivasi untuk berbuat lebih baik lagi, ya.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading