Sukses

Lifestyle

5 Perubahan Hidup yang Paling Terasa saat Memasuki Usia 30-an

Fimela.com, Jakarta Serangkaian perubahan dan fase kehidupan akan kita hadapi di dunia ini. Pengalaman ketika memaasuki usia tertentu bisa menghadirkan perubahan yang cukup signifikan. Apalagi ketika usia memasuki usia 30-an, sejumlah perubahan hidup akan sangat terasa dan berdampak pada banyak hal.

Ada kutipan menarik dari -C. S. Lewis, "Thirty was so strange for me. I've really had to come to terms with the fact that I am now a walking and talking adult." Memasuki usia 30-an bisa menghadirkan perasaan yang tak biasa. Ada fase yang membuat kita harus siap menghadapi dan menyesuaikan diri dengan sejumlah perubahan besar. Umumnya, ketika memasuki usia 30-an, lima perubahan ini yang akan paling terasa dalam hidup kita.

 

1. Lebih Rela Melepaskan Hal-Hal di Luar Kuasa Diri

Saat usia 20-an kita biasanya dipenuhi dengan semangat untuk mencoba banyak hal baru. Bahkan memaksa diri kita untuk melakukan hal-hal di luar batas dan melampaui kemampuan diri. Tentu ada banyak hal yang bisa kita dapat dari semua pengalaman tersebut. Sampai kemudian di usia 30-an, kita akan makin menyadari bahwa merelakan itu sama pentingnya dengan memperjuangkan. Untuk hal-hal yang di luar kuasa diri, kita bisa lebih rela melepas dan mengikhlaskannya. Agar dengan begitu, kita dapat lebih fokus menjalani masa kini dengan lebih baik untuk masa depan yang lebih baik pula.

2. Lebih Fokus Menciptakan Kebahagiaan Sendiri

Kita tak bisa selalu dan terus menerus menggantungkan kebahagiaan kita pada orang lain. Makin bertambah usia, makin kita menyadari pentingnya menciptakan kebahagiaan sendiri. Mengingat prioritas orang-orang di sekitar kita juga berubah, maka kita perlu menyesuaikan diri juga untuk tidak selalu bergantung pada mereka untuk membuat kita bahagia. Kita pun jadi terbiasa melakukan hal-hal sederhana untuk membuat kita bahagia.

 

3. Mulai Berdamai dengan Lingkaran Pertemanan yang Tak Sama

Teman dan sahabat bisa datang dan pergi. Lingkaran pertemanan pun ikut berubah seiring bertambahnya usia dan berubahnya prioritas. Memang kita akan sedih saat jumlah sahabat kita tak sebanyak sebelumnya. Akan tetapi, perlahan kita mulai bisa berdamai dengan itu semua. Masih bisa terhubung dengan beberapa orang dekat saja sudah lebih dari cukup bagi kita saat ini.

4. Tidak Memaksakan Diri Memenuhi Ekspektasi Semua Orang

Memenuhi ekspektasi semua orang bukanlah hal yang bisa dilakukan dengan mudah. Bahkan menjadi hal yang tampak mustahil dilakukan. Di usia 30-an, pikiran kita jadi lebih terbuka dan menyadari bahwa memenuhi ekspektasi semua orang itu hanya akan menambah masalah. Memang ada hal-hal yang perlu kita wujudkan dan tetap diperjuangkan, tetapi tidak harus memaksa diri memenuhi keinginan semua orang dalam waktu bersamaan.

 

 

5. Lebih Menghargai Setiap Momen yang Ada

Setiap momen jadi terasa lebih berharga. Ada hal-hal yang perlu lebih kita hargai dan syukuri lagi. Kita jadi menghargai setiap pengalaman dan setiap hal yang kita lakukan dan habiskan bersama orang terdekat kita. Sebab hidup cuma sekali dan setiap fase yang dijalani kadang tak bisa terulang lagi.

Kalau menurut Sahabat Fimela sendiri, perubahan apa yang paling terasa ketika menginjak usia 30-an? Semoga di usia yang kita jalani saat ini, kita masih bisa menebar banyak manfaat dan menjalani hidup ini dengan penuh makna, ya.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading