Sukses

Lifestyle

Mengalami Kenaikan Suhu, Ini 4 Tips Menghadapi Cuaca Panas yang Berlebihan

Fimela.com, Jakarta Sebagian besar kota merasakan cuaca panas yang luar biasa. Tentunya, hal ini membuat sebagian dari kita merasa gerah yang tidak tertahankan. Ketika cuaca menjadi ekstrim seperti saat ini, penting untuk mengambil langkah-langkah pencegahan untuk menghindari hal-hal serius seperti serangan panas, yang bisa mematikan.

Selain menggunakan pendingin ruangan, beberapa tips ini dapat membantumu mengurangi rasa panas yang berlebihan. Penasaran? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Minum Banyak Air Putih

Salah satu tindakan terpenting yang dapat kamu lakukan selama periode panas yang ekstrem adalah minum air putih, yang banyak. Air membantu mengatur suhu tubuh, membuatnya menjadi dingin ketika lingkungan menjadi lebih hangat. Air dingin lebih baik, jadi pastikan kamu memiliki air di lemari es.

Salah satu cara melihat konsumsi air yang cukup adalah dengan memperhatikan urin. Urin yang jernih atau agak kuning itu bagus, itu berarti kamu mendapatkan banyak cairan. Jika jarang buang air kecil atau warna keruh, kamu tidak cukup mendapatkan minum.

2. Gunakan Pendingin

AC rumah adalah cara yang bagus untuk tetap sejuk selama cuaca panas ekstrem, tetapi tidak semua orang memiliki akses tersebut. Jika kamu merasa tidak nyaman, pergilah ke tempat umum seperti perpustakaan atau pusat perbelanjaan, atau lihat apakah komunitas telah membuka pusat pendingin. Bahkan beberapa jam dihabiskan dalam suhu dingin dapat membantumu menghindari penyakit panas. Patuhi protokol kesehatan masyarakat COVID-19 seperti jarak sosial jika memungkinkan.

3. Jaga agar Perangkat Elektronik Pribadi Tetap Terisi Daya

Panas yang ekstrem dapat menyebabkan pemadaman listrik atau pemadaman bergilir saat orang-orang menyalakan AC mereka. Jika itu terjadi, kamu tidak ingin dibiarkan dengan ponsel atau perangkat lain dengan daya rendah. Cobalah untuk menjaga ponsel terisi penuh.

4. Gunakan Pakaian yang Dingin dan Menyerap Keringat

Pakaian longgar dan ringan yang terbuat dari serat alami adalah pilihan terbaik saat cuaca panas. Celana pendek dan kaos berwarna terang yang terbuat dari katun atau linen dapat menyerap keringat dan akan membantumu mengatur suhu tubuh.

 Nah, selain beberapa hal di atas apastikan kamu juga menjaga kesehatan ya, Sahabat Fimela. Pastikan mendapatkan cukup asupan air putih dan jangan mengonsumsi es berlebihan. 

#WomenforWomen

What's On Fimela
Loading