Sukses

Lifestyle

9 Penyebab Kartu ATM Tertelan yang Bikin Panik dan Sering Terjadi

Fimela.com, Jakarta Pernah menjadi salah satu korban yang mengalami ATM tertelan di mesin ATM? Apa yang kamu rasakan ketika ATM tertelan akan tetapi uangnya tetap keluar? Hal ini tentu akan buat seseorang panik dan ketakutan. ATM merupakan salah satu perangkat dari perbankan elektronik yang terhubung dengan lembaga keuangan dan melakukan traksaksi keuangan untuk klien.

Selain itu ATM yang modern dapat berfungsi untuk penarikan tunai, transfer tunai, setoran tunai, pembayaran tagihan listrik, Pemeriksa saldo, dan mendapatkan laporan dari bank. Terlepas dari semua kelebihan mesin ATM akan tetapi terkadang ada beberapa masalah teknis yang membuat ATM tidak berfungsi, tertelan, atau mungkin tidak dapat mengeluarkan uang.

Masalah masalah tersebut sering terjadi oleh beberapa orang dan membuat kita panik apalagi saat kartu ATM yang tertelan. Untuk itu berikut beberapa rangkuman tentang penyebab ATM tertelan di mesin ATM yang sering menjadi masalah:

1. Memasukkan Kartu dengan Salah

Ada cara tersendiri untuk masukan kartu ATM ke mesin ATM, mas kamu juga dapat menemukan panah di salah satu Sisi kartu yang menunjukkan arah mana kamu harus mendorong ke inlet kartu ATM tersebut. Akan tetapi jika kamu tidak melakukannya ada kemungkinan ATM menjadi gagal selain itu hal ini juga akan buat mesin sulit untuk membaca kartu dan menelan kartu ATM.

2. Tidak amemiliki Saldo atau Saldo yang Tidak Mencukupi di Akun

Ternyata beberapa mesin ATM dikonfigurasi untuk menampung kartu debit atau kartu ATM yang kamu miliki jika kamu tidak memiliki saldo atau saldo yang tidak mencukupi. Rekening bank tersebut maka dapat membuat kartu ATM kamu tertelan di mesin.

3. Menggunakan Kartu yang Rusak

Setiap kartu tentu memiliki nama pemegang rekening yang tertulis di dalamnya ditambah strip magnetik di bagian belakang yang memuat rincian yang diperlukan untuk dibaca oleh mesin sendiri. Jika karena alasan tertentu nama atau strip magnet menghilang maka kak mesin ATM tidak dapat membaca kartu yang kamu miliki dan mungkin akan menelan nya. Hal ini juga berlaku jika kamu menggunakan kartu rusak atau bengkok, maka berhati-hatilah jika kamu memiliki kartu ATM yang rusak.

4. Menggunakan Kartu di Mesin ATM yang Salah

Beberapa mesin ATM dikonfigurasi untuk mendukung layanan tertentu seperti visa, master card, maestro, dan lain lainnya. Jika kamu mau masukan kartu ke ATM yang tidak menampilkan logo layanan maka akan membuat kartu yang kamu miliki tertelan oleh mesin tersebut.

5. Menggunakan Kartu Kadaluwarsa

Ternyata kartu ATM yang sering kita gunakan memiliki masa aktif maupun masa kadaluwarsanya tersendiri, masalah ini sering tidak dipedulikan oleh banyak orang yang sering menggunakan kartu ATM maupun jarang.

Jika kartu telah melewati tanggal kadaluwarsa maka ada kemungkinan mesin menelan kartu tersebut karena sudah tidak berguna. Ada baiknya jika kamu mengecek tanggal kadaluwarsa kartu ATM dan segera menggantinya di bank.

6. Penggunaan Kartu yang Dilaporkan

Kartu yang dicuri harus segera dilaporkan, kartu seperti itu biasanya akan membuat tidak berguna bahkan jika kamu memulihkannya kembali. Menggunakan kartu yang telah dicuri dan telah dilaporkan akan membuat mesin ATM menelan kartu yang sedang kamu gunakan.

7. ATM Rusak

Ini menjadi salah satu masalah besar yang dapat membuat kartu ATM pengguna sering tertelan, ATM yang rusak dapat menelan kartu atau mungkin sulit untuk mengembalikannya. Penyebab utama masalah satu ini bisa jadi karena adanya kegagalan bagian mekanis maupun elektronik dalam mesin.

8. Salah Memasukkan PIN Beberapa Kali

Saat kamu menggunakan kartu ATM maka harus masukan PIN sebelum melanjutkan ke halaman menu layanan. Jika kamu lupa PIN yang sebenarnya ada salah masukan beberapa kali maka ATM akan menahan kadang kau miliki dan menganggapnya sebagai kartu curian atau upaya pencurian. Terkadang salah memasukkan PIN yang lama atau lebih dari satu kali dapat mengakibatkan hal yang sama.

9. Menggunakan Kartu ATM yang Terblokir

Jika kamu kehilangan kartu dan memblokirnya kemudian memulihkannya kembali akan tetapi tidak membuka lagi ran kartu maka akan membuat mesin menelan kartu yang kamu gunakan.

Nah, itulah beberapa penyebab kartu ATM yang tertelah, masalah ini mungkin bikin kita khawatir dan panik. Akan tetapi, kamu perlu pergi ke bank untuk mengatasi masalah ini agar mendapatkan kartu ATM yang baru.

What's On Fimela
Loading