Sukses

Lifestyle

5 Cara Tegarkan Diri saat Merasa Capek Jalani Hidup

Fimela.com, Jakarta Pernah nggak merasa capek menjalani hidup? Bahkan tanpa tahu sebab atau awal mula rasa capek itu muncul. Rasanya mau melakukan apa pun sudah tidak punya semangat lagi. Sekadar menyambut hari pun rasanya tak punya tenaga lagi.

Rasa capek bisa disebabkan oleh banyak hal. Kali ini, kita akan lebih fokus dalam cara merespons rasa capek tersebut. Tanpa makin menyalahkan apa pun dan siapa pun, kita bisa melakukan sejumlah cara untuk bisa bangkit lagi dan memiliki hati yang lebih tegar lagi.

 

1. Batasi Hal-Hal yang Menguras Energi

Misalnya, kalau media sosial akhir-akhir membuatmu selalu merasa makin jenuh, tertekan, dan stres, maka coba jauhi untuk sementara waktu. Lakukan detoks media sosial untuk sementara waktu agar waktu dan energi kita bisa digunakan untuk hal lain. Kalau bertemu banyak orang membuat kita merasa makin tertekan, boleh juga rehat untuk menyepi dan melakukan sesuatu untuk diri sendiri lebih dulu.

2. Terima Kesalahan yang Pernah Dilakukan

Mengutip buku Menghilang, Menemukan Diri Sejati, Albert Camus seorang filsuf abad ke-20 mengungkapkan bahwa manusia biasanya selalu merasa bahwa dirinya benar. Menurutnya, seharusnya persepsi itu dibalik, manusia harus merasa bahwa mereka pasti punya andil dalam setiap kesalahan. Kadang kita merasa mudah capek karena selalu memaksakan diri untuk selalu sempurna dan benar dalam setiap hal. Ada kalanya kita perlu menerima dengan lapang dada kesalahan dan kekurangan yang kita punya. Agar dengan begitu, kita bisa lebih mudah merelakan hal-hal yang tak bisa kita kendalikan lagi.

 

3. Apresiasi Diri

Setelah mengakui kelemahan yang ada, kini saatnya untuk mengapresiasi diri. Setelah menangis atau bahkan meratapi nasib karena rasa capek yang luar biasa dalam menjalani hidup, kini saatnya untuk berterima kasih pada diri sendiri. Terima kasih pada diri yang masih memilih untuk bertahan di situasi sulit. Terima kasih pada diri yang masih berupaya untuk memulihkan diri di saat baru terjatuh atau terluka.

4. Luangkan Waktu Ternyaman untuk Diri Sendiri

Meluangkan waktu untuk diri sendiri akan membantu kita lebih objektif dalam berpikir. Kita bisa memulihkan diri dengan melakukan sesuatu untuk diri sendiri. Tidak hanya dengan bepergian sendiri atau makan di restoran sendiri. Tapi juga termasuk mematikan media sosial yang selama ini menguras energi dan pikiran. Rehat bersantai sejenak atau melakukan hobi bisa bantu kita tenangkan diri kembali.

5. Lakukan Hal yang Disukai

Saat melakukan sesuatu yang disukai, kita bisa menemukan semangat baru dalam menjalani hidup. Sehingga rasa capek pun bisa tergantikan dengan motivasi untuk melakukan hal yang menyenangkan. Bahkan menaklukkan tantangan baru bisa membuat kita lebih kuat dan tegar lagi dalam menjalani hidup.

Semoga kita bisa senantiasa menemukan kekuatan baru dan ketegaran hati yang baru dalam melewati setiap fase kehidupan ini, ya. Semoga rasa capekmu segera tergantikan dengan semangat baru.

 

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading