Sukses

Lifestyle

5 Fakta Seputar Pernikahan Adik Jokowi dan Ketua MK, Mulai dari Souvenir Take Away hingga Maskawin Jam Tangan

Fimela.com, Jakarta Pernikahan adik Jokowi, Idayati dengan Ketua MK Anwar Usman telah berlangsung hari ini (26/5/2022) di gedung Graha Saba Buana, Solo, Jawa Tengah. Digelar secara sederhana, pernikahan ini dihadiri oleh keluarga, dan tamu undangan yang kebanyakan merupakan pejabat negara.

Meski digelar secara sederhana, ada beberapa fakta menarik terkait pernikahan adik Jokowi dengan Ketua Mahkamah Konstitusi itu. Fimela pun telah merangkum sejumlah fakta tentang pernikahan adik Jokowi.

1. Para saksi

Pernikahan Idayati dan Anwar Usman melibatkan sejumlah tokoh negara sebagai saksi. Wakil Presiden RI KH. Ma'ruf Amin diminta untuk menjadi saksi dari pihak calon pengantin perempuan. Sementara Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menjadi saksi pernikahan dari pihak calon pengantin laki-laki.

 

2. Souvenir yang dibawa pulang

Mengingat pernikahan yang masih berlangsung di masa pandemi, Idayati dan Anwar Usman memberlakukan sistem take away. Di aman para tamu undangan yang hadir tidak makan ditempat, melainkan membawa pulang hampers berisikan makanan dan souvenir dari pengantin.

Hidangan yang dibungkus dalam bentuk hampers itu disiapkan oleh Chili Pari yang menjadi salah satu unit bisnis milik Gibran Rakabuming, putra pertama Presiden Jokowi. Konsep hidangan yang disiapkan merupakan hidangan khas Jawa yang menyesuaikan konsep pernikahan secara keseluruhan.

 

3. Dekorasi

Untuk memperkuat konsep pernikahan Jawa yang diusung, pasangan Idayati dan Anwar Usman tetap mendekorasi tempat pernikahan mereka yang sederhana. Menggunakan konsep Jawa klasik yang dinilai sarat akan nilai budaya adiluhung yang menjadi ibadah batin manusia.

Dekorasi panggung dibuat rumah limasan yang cukup ikonik dengan Jawa Tengah. Sementara di depan pintu masuk terdapat wayangan bergambar Kamajaya dan Kamaratih yang melambangkan keabadian dan kesetiaan.

 

4. Mahar

Diungkapkan oleh Kepala Kantor Urusan Agama Banjarsari, Arba'in Basyir, Anwar Usman menyiapkan seperangkat alat salat dan jam tangan sebagai mahar. Namun tidak dijelaskan secara detail jam tangan merek apa yang dijadikan sebagai mahar.

 

5. Baju pengantin adat Jawa

Mengenakan busana pengantin adat Jawa, Idayati tampil cantik dengan kebaya berwarna putih. Dengan aksesori emas di bagian tengah yang membuatnya makin elegan. Dipadukan dengan hijab segi empat serta kerudung renda beraksen emas. Sementara itu, Anwar Usman mengenakan beskap Jawa berwarna abu-abu tua yang dipadukan dengan kain dan blankon batik.

What's On Fimela
Loading