Sukses

Lifestyle

Lakukan 5 Tips Berikut saat Kamu Merasa Sulit Mencari Pekerjaan

Fimela.com, Jakarta Ketika Sahabat Fimela sedang berjuang untuk mencari pekerjaan, ada baiknya untuk melihat secara menyeluruh bagaimana kamu dapat mengubah atau meningkatkan pendekatan terhadap pencarian kerja. Berhasil menemukan pekerjaan mungkin memerlukan beberapa pemikiran kreatif untuk mengubah bagaimana dan di mana kamu melihat dan bagaimana kamu mempresentasikan keahlianmu.

Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantumu untuk mencari dan meningkatkan peluang untuk mendapatkan pekerjaan. Yuk, simak selengkpamya di bawah ini.

1. Tunggu Sebelum Mengisi Lowongan

Mungkin tergoda untuk mengisi lowongan segera setelah kamu menemukan posisi yang ideal, tetapi menunggu sampai kamu tahu lebih banyak tentang perusahaan dapat memberimu keuntungan dalam persaingan. Luangkan waktu untuk meneliti perusahaan sehingga kamu memiliki ide bagus tentang apa yang mereka cari dari seorang karyawan.

2. Tingkatkan Resume

Memperbarui resume agar sesuai dengan keahlian dan pengalamanmu dengan suatu posisi adalah langkah penting untuk mendapatkan pekerjaan. Periksa tugas pekerjaanmu sebelumnya, keterampilan yang dapat digunakan, dan pendidikan untuk menyesuaikan resume dengan posisi terbuka. Teliti perusahaan dan pelajari deskripsi pekerjaan sehingga kamu memiliki pemahaman yang baik tentang apa yang dicari perusahaan. Sesuaikan resume untuk menyoroti keterampilan yang dicari perusahaan untuk menggambarkan mengapa kamu tepat untuk pekerjaan itu.

3. Buat Surat Lamaran yang Menarik

Sementara resume mencantumkan pengalaman, keterampilan, dan pendidikan, surat lamaran menjelaskan secara rinci mengapa kamu adalah pilihan yang tepat untuk posisi terbuka. Gunakan surat lamaranmu sebagai kesempatan untuk menunjukkan antusiasme terhadap pekerjaan itu dan jelaskan bagaimana kamu akan menguntungkan bisnis ini. Diskusikan pencapaian atau jelaskan bagaimana kamu membuat peningkatan di posisi sebelumnya.

4. Perbarui Profil Media Sosialmu

Profil media sosial profesional harus menguraikan keahlian, pengalaman, dan antusiasmemu. Kamu dapat menggunakan platform ini untuk membuat dirimu menarik bagi pemberi kerja dengan memberikan informasi mendalam tentang diri dan mengapa kamu adalah kandidat yang tepat. Pertimbangkan untuk bergabung dengan kelompok atau diskusi untuk berbagi pengetahuan dan ide untuk menarik pemberi kerja kepadamu.

5. Praktek Wawancara

Bersiap untuk menjawab berbagai pertanyaan yang mungkin ditanyakan kepadamu dapat sangat membantu dalam proses wawancara. Mintalah seorang teman atau kolega untuk berpartisipasi dalam wawancara tiruan, dan berlatih menjawab berbagai pertanyaan. Cari contoh pertanyaan khusus untuk peran pekerjaan, dan latih jawabanmu sebelum wawancara.

Well, tetap semangat ya, Sahabat Fimela bagi kamu yang tengah berjuang mencari kerja. Semoga informasi ini bermanfaat. 

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading