Sukses

Lifestyle

5 Bukti Dirimu Sebenarnya Bisa Memiliki Hati yang Tenang

Fimela.com, Jakarta Suasana hati kita bisa berubah-ubah dengan cara yang tak pernah kita duga. Apalagi dengan berbagai pengalaman, perubahan, hingga cobaan hidup yang ada, menjaga hati agar tetap tenang bisa menghadirkan pergulatan yang cukup berat. Meski begitu, kita semua sebenarnya punya kesempatan untuk memiliki hati yang tenang.

Kita semua punya kemampuan dan peluang untuk menghadirkan ketenangan dan kenyamanan di dalam diri. Bahkan, mungkin tanpa benar-benar kita sadari, sebenarnya kita bisa memiliki hati yang tenang dengan cara-cara sederhana. Berikut ini tanda atau bukti bahwa kamu pun sebenarnya bisa mendapatkan ketenangan diri.

 

1. Mampu Menguraikan Perasaan tanpa Menyakiti Diri Sendiri

Seringkali hati tidak tenang karena kita merasa isi kepala dan batin kita sangat rumit. Sehingga kita perlu menguraikannya agar benak kita terasa lebih ringan. Saat kita sudah memiliki kemampuan menguraikan dan menerima perasaan kita dengan lebih utuh, kita bisa menghadirkan ketenangan dalam diri. Menulis jurnal atau buku harian, misalnya, bisa membuat isi kepala kita yang tadinya terasa penuh tekanan dan sangat sesak jadi lebih ringan. Menguraikan perasaan melalui tulisan bisa bantu redakan rasa gelisah dan cemas yang dirasakan.

2. Bisa Meluangkan Waktu untuk Diri Sendiri

Kehidupan dan aktivitas kita bisa sangat padat dan sibuk. Semua kesibukan itu bisa membuat kita merasa tertekan dan hati tidak tenang. Namun, begitu kita bisa meluangkan waktu khusus untuk diri sendiri, maka kita bisa memiliki hati yang tenang. Kadang yang kita cari sebenarnya ada di dalam diri sendiri, bukan dari hal-hal yang berada di luar diri. Merawat diri atau melakukan hal yang disukai bisa membuat kita merasa nyaman dan bahagia.

3. Dapat Melakukan Latihan Pernapasan

Kadang hati kita tidak tenang karena kehilangan rasa percaya diri. Cara sederhana untuk bantu meningkatkan rasa percaya diri adalah dengan mengatur napas. Mengutip buku The Comfort Book, bernapas dengan sadar seakan merupakan suatu cara untuk kembali ke rasa percaya diri. Suatu cara untuk memberi jeda bagi diri sendiri. Kita bisa kembali mengatur napas dan bernapas dengan lebih sadar. Bisa dibarengi dengan kegiatan meditasi atau yoga sederhana. Saat detak jantung sudah lebih teratur, hati pun bisa lebih tenang dan nyaman kembali.

 

4. Punya Hal yang Disukai

Masih punya hal yang disukai? Masih memiliki hobi yang bikin bahagia? Maka, ini sudah menjadi bukti kita bisa memiliki hati yang lebih tenang dalam menjalani keseharian. Rasa gelisah bisa dipicu karena bingung mengisi waktu yang ada atau ada rasa hampa yang membuat kita merasa kosong. Saat kita masih punya hal yang disukai, kita bisa senantiasa menghadirkan kenyamanan dan ketenangan di dalam diri.

5. Bisa Mensyukuri yang Sudah Ada

Selama masih bisa bersyukur dan berterima kasih atas semua hal yang sudah ada, maka kita bisa menghadirkan ketenangan di dalam diri. Makin sering bersyukur, makin mudah kita mendapatkan kebahagiaan yang kita inginkan. Jadi, selama kita masih mau dan mampu bersyukur, kita bisa senantiasa menghadirkan ketenangan di dalam hati kapan saja.

Semoga kita semua bisa menjalani hidup dengan hati yang lebih tenang dan bahagia, ya. Terima kasih juga untukmu yang sudah berjuang dan masih bertahan hingga detik ini.

#WomenforWomen

What's On Fimela
Loading