Sukses

Lifestyle

5 Cara Tegarkan Diri saat Mengalami Banyak Tekanan

Fimela.com, Jakarta Mengalami banyak tekanan dan stres bisa membuat kita lelah luar biasa. Bahkan rasanya kita tak ingin melanjutkan hidup. Benar-benar lelah, capek, dan rasanya ingin menyerah saja.

Saat mengalami banyak tekanan, kita perlu meningkatkan upaya yang lebih besar untuk kembali tegar dan kuat. Membuat jiwa kembali tegar dan kuat di tengah berbagai tekanan mungkin tak mudah. Namun, kita bisa mencoba sejumlah cara sederhana seperti berikut ini.

 

1. Hadirkan Perasaan Nyaman

Kita bisa lebih fokus lagi dalam menghadirkan perasaan nyaman. Caranya dengan melakukan hal-hal yang memang kita sukai dan berhenti berandai-andai atau memaksakan sesuatu yang berada di luar kendali diri. Sesederhana menikmati aroma kopi sebelum menyesapnya, mendengarkan musik favorit sebelum mulai beraktivitas, atau sekadar menikmati udara pagi sebelum mulai sarapan. Hadirkan perasaan nyaman untuk meringankan beban yang kita rasakan lebih dulu.

2. Urai Setiap Permasalahan yang Ada

Benak kita bisa terasa sesak dan kusut saat berbagai persoalan menumpuk jadi satu. Di sini, kita perlu menguraikannya lebih dulu. Caranya bisa dengan menuliskan setiap permaslahan yang sedang dihadapi. Semua kepahitan dan kegetiran yang ada perlu diterima apa adanya lebih dulu supaya kita bisa lebih siap mengantisipasi realitas yang ada.

 

3. Fokus pada Hal-Hal yang Masih Bisa Dikendalikan

Mengutip buku Filosofi Teras, ada yang namanya dichotomy of control. Jadi, dalam realitas kehidupan yang kita jalani ini ada hal-hal yang bisa dikendalikan dan ada yang tidak. Yang membuat kita gampang merasa stres biasanya adalah karena kita memaksakan diri mengubah atau mengendalikan hal-hal yang di luar kendali kita. Maka, daripada makin stres, ada baiknya kita fokus saja pada hal-hal yang masih bisa kita kendalikan, perbaiki, atau ubah.

4. Hadirkan Senyuman untuk Diri Sendiri

Saat sedang sendirian, kita bisa lebih jujur terhadap diri sendiri. Di sini kita bisa mencoba untuk tersenyum untuk diri sendiri. Hadirkan senyuman untuk diri kita yang sudah berusaha bertahan dan berjuang hingga saat ini. Apresiasi diri lebih dulu agar kita bisa punya kekuatan baru untuk melangkah ke depan.

 

 

5. Bernapas dengan Lebih Sadar

Melansir laman Lifehack.org, salah satu cara efektif menghadapi situasi yang penuh tekanan adalah dengan mengambil jeda waktu satu menit untuk melakukan latihan pernapasan. Ambil napas dalam, tarik dan embuskan perlahan, dan bayangkan semua tekanan dan permasalahan ikut keluar dari diri tiap kali kita mengembuskan napas. Rilekskan juga otot-otot tubuh agar tidak tegang. Saat kondisi diri lebih baik, perasaan nyaman bisa hadir, dan kita bisa lebih siap menghadapi apa pun persoalan yang ada.

Semoga kita bisa menjalani hidup ini dengan lebih tegar lagi, ya. Berbagai tekanan memang tak bisa dihindari begitu saja, tapi kita bisa tetap melakukan upaya terbaik untuk membuat hati dan jiwa kita senantiasa tegar dan kuat kembali.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading