Sukses

Lifestyle

5 Cara Redakan Hati yang Resah saat Merasa Kesepian

Fimela.com, Jakarta Selama ini kita mungkin masih sering menganggap kesepian sebagai hal yang tak seharusnya kita rasakan. Kita masih menganggap kesepian sebagai situasi yang buruk dan harus kita hindari atau enyahkan. Padahal makin dewasa diri ini, kita akan makin menyadari bahwa kesepian adalah bagian yang tak terpisahkan dari hidup kita.

Wajar jika kita merasa resah, gelisah, atau tidak tenang ketika merasa kesepian. Namun, kita masih bisa memeluk rasa kesepian itu dan menjadikannya sebagian bagian atau proses pendewasaan diri. Ada sejumlah cara yang lebih baik menyikapi rasa kesepian agar hati tidak terlalu lama gelisah.

 

1. Biarkan Rasa Kesepian Hadir

Mengutip buku Tuesdays with Morrie, "Sama halnya dengan kesepian: kita membiarkan datang, kita membiarkan air mata mengalir karenanya, kita membiarkan diri merasakannya secara utuh tetapi pada akhirnya kita sanggup berkata, 'Baik, begitulah rasanya ketika aku kespian. Aku tidak takut merasa sepi, tapi sekarang aku akan menyampingkan rasa sepi itu dan sadar bahwa di dunia ini emosi-emosi lain masih ada, maka aku akan mencoba mengalami semuanya'." Biarkan rasa kesepian itu hadir dan mengalir. Agar dengan begitu, kita bisa memberi ruang yang lebih luas lagi untuk perasaan lainnya.

2. Fokus pada Respons

Daripada menghabiskan terlalu banyak waktu mencari alasan kenapa merasa kesepian, ada baiknya kita fokus dengan mencari cara untuk memberi respons terbaik terhadap situasi yang ada. Respons rasa kesepian itu dengan tangan terbuka. Tak perlu mengenyahkan atau mengusirnya begitu saja. Anggap rasa itu hadir sebagai kesempatan untuk mengenal diri kita lebih baik lagi dan rehat dari semua kesibukan yang ada.

 

 

3. Berhenti Membuat Perbandingan

Hati akan makin resah dan gelisah saat kita mulai membanding-bandingkan diri dengan orang lain. Saat merasa kesepian, kita cenderung mengasihani diri sendiri dan menganggap diri kita yang paling merana. Agar tidak makin terpuruk dalam rasa tak nyaman, kita perlu lebih fokus dengan diri sendiri. Tak usah menghabiskan waktu membuat perbandingan dengan kehidupan orang lain.

 

4. Lakukan Hal yang Disukai

Lakukan hal yang kamu sukai atau yang bisa membuatmu nyaman. Tak harus menunggu orang lain atau ditemani orang lain. Selama ada hal yang bisa kamu lakukan dan itu bisa membuatmu nyaman, lakukan saja. Yang penting hal tersebut tidak melukai dirimu, maka hadirkan rasa nyaman melalui hal yang kamu sukai tersebut.

5. Berterima Kasihlah pada Diri Sendiri yang Sudah Berusaha

Ya, dirimu sudah berusaha sebaik mungkin menjalani dan menyikapi semua keadaan yang ada. Jadi, saatnya untuk mengapresiasi diri sendiri. Berterima kasihlah pada diri yang sudah memilih untuk berjuang dan tetap melangkah ke depan. Rasa kesepian ini tak ubahnya ruang untukmu bisa lebih memahami diri sendiri dan tumbuh jadi pribadi yang lebih baik lagi.

Untuk hati yang masih resah, semoga segera tergantikan dengan rasa nyaman. Terima kasih sudah melakukan hal-hal yang terbaik hingga saat ini, ya.

 

#WomenforWomen

What's On Fimela
Loading